Pancasila Adalah Ideologi dan Identitas Bangsa, Makna Sesungguhnya Lambang Negara

DIKSI KOGNISI3 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id – Pancasila merupakan landasan dan ideologi bangsa Indonesia yang menjadi identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Konsep Pancasila mencerminkan makna dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Salah satu bagian dari Pancasila yang memuat simbol dan arti tertentu adalah lambang Pancasila. Lambang ini terdiri dari kumpulan lambang yang mengandung makna dan arti yang baik tersurat maupun tersirat.

banner 336x280

Menurut buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karya Muhammad Rakhmat, lambang Pancasila yang paling terkenal adalah burung Garuda. Garuda Pancasila merupakan lambang negara yang diwujudkan dalam bentuk burung Garuda yang merupakan raja dari segala burung.

Burung Garuda juga dikenal sebagai Burung Sakti Elang Rajawali. Melambangkan kekuatan dan gerak yang dinamis, terlihat dari sayap yang mengembang seolah siap terbang ke angkasa. Dengan sayap yang mengembang siap terbang ke angkasa, melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Kedua kaki Garuda mencengkeram pita putih bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”. Kalimat ini diambil dari Kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi satu jua.

Slogan ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang memiliki banyak perbedaan, mulai dari suku, agama, hingga budaya. Artinya, walaupun bangsa Indonesia memiliki banyak perbedaan, namun tetap bersatu dalam satu kesatuan yang kokoh.

banner 336x280