Sedekah Politik dari Parpol Mendapat Apresiasi Tinggi Kang Danial

DIKSI NEWS31 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Kota Banjar – Dani “Danial” Muhklis, atau sapaan akrabnya Kang Danial, mengucapkan rasa terima kasih kepada partai-partai yang sudah melakuna sedekah politik.

Beberapa parpol termasuk PDIP, Partai Demokrat, PAN, dan PKB, yang telah memberikan kesempatan kepada warga Banjar untuk menjadi calon walikota Banjar.

banner 336x280

Hal ini, terungkap dari Kang Danial pada Sarasehan Mencari Figur Terbaik Pemimpin Banjar di Gedung DPRD Kota Banjar pada Minggu (05/05/2024).

Sedekah Politik Jadi Angin Segar Bagi Demokrasi

Kang Danial menggambarkan inisiatif tersebut sebagai “angin segar” bagi demokrasi di Indonesia.

“Dalam hal ini, saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada partai politik yang telah memberikan ruang kepada siapapun, termasuk saya, untuk berpartisipasi dalam penjaringan calon Walikota Banjar. Ibaratnya, partai politik telah memberikan ‘sedekah politik’ kepada ‘yatim politik’ seperti saya,” ujar Kang Danial.

Kang Danial mengakui bahwa biaya politik dalam pilkada sangat besar dan membebani para calon.

Dia menyoroti fakta bahwa politik cenderung memberikan akses kepada calon dengan kekayaan atau kapasitas dalam mengumpulkan dana politik yang besar.

Namun, Kang Danial berupaya menciptakan terobosan dengan mengandalkan kekuatan basis dan jejaring sosial sebagai alternatif untuk memenangkan politik elektoral.

“Dalam konteks ini, faktor kecintaan publik dan ikatan emosional antara calon pemimpin dengan konstituennya menjadi faktor penting yang melebihi kekuatan politik uang dan praktik pembelian suara yang harus diminimalisir,” ungkap Kang Danial.

Visi Kang Danial untuk Kota Banjar adalah menjadi sebuah kota yang berkeadaban, maju, dan berkelanjutan dengan mengintegrasikan tiga landasan berpikir pemerintahan, yaitu teokrasi, demokrasi, dan biokrasi.

banner 336x280