Dibalik Meroketnya Harga Cabai Merah Menjelang Nataru, Ada Konsumen yang Menjerit Namun Menjadi Berkah Buat Petani Ciamis

DIKSI FINANCE7 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Seiring mendekatnya Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), harga pangan, terutama cabai rawit merah, melonjak signifikan di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut data dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Minggu (10/12/2023), rata-rata harga cabai rawit merah secara nasional mencapai Rp 91.150 per kilogram (kg). Harga tertinggi bahkan mencapai Rp 142.000 per kg di Kalimantan Utara, sementara terendah di Sumatera Barat mencapai Rp 59.790 per kg.

banner 336x280
Penyebab Kenaikan

Kenaikan ini merupakan dampak dari berkurangnya pasokan cabai rawit merah, yang dipicu oleh perubahan cuaca. Data menunjukkan bahwa pada awal bulan ini, rata-rata harga cabai rawit merah nasional sebesar Rp 86.790 per kg.

Berkah Petani

Namun, melonjaknya harga cabai ini membawa berkah tersendiri bagi para petani di Ciamis. Petani cabai di Tatar Galuh Ciamis mengalami peningkatan keuntungan, sejalan dengan mahalnya harga komoditas pertanian di pasaran.

Mengutip Pikiranrakyat.com, Pipin Arip Apilin, Ketua Kelompok Tani Cabai Karangsari, menyatakan bahwa harga saat ini sesuai dengan harga pasar.

banner 336x280