Gerhana Bulan Penumbra Minggu ini, Bisa Dilihat Mata Telanjang Lho

DIKSI KOGNISI1 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Bandung – Gerhana bulan Penumbra adalah fenomena alam yang menakjubkan dan telah terjadi berulang kali, yang bisa dilihat dari Bumi. Meskipun gerhana bulan tidak selalu terjadi, banyak orang yang sangat menantikannya untuk melihat keindahannya.

Jenis-jenis gerhana bulan

Gerhana bulan terjadi ketika bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Ada tiga jenis gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

banner 336x280

Gerhana bulan total terjadi ketika bayangan umbra Bumi menutupi seluruh permukaan bulan sehingga matahari, Bumi, dan bulan berada dalam satu garis yang sama. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika Bumi hanya menutupi sebagian dari sinar matahari yang menuju ke bulan sehingga hanya sebagian permukaan satelit bumi yang terlihat dalam bayangan penumbra.

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian bulan berada dalam bayangan penumbra dan terlihat dengan warna yang gelap. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang dipantulkan oleh Bumi dan mengenai bulan dengan intensitas yang lebih rendah daripada sinar matahari langsung.

Gerhana bulan penumbra yang akan terjadi

Salah satu fenomena langka ini akan terjadi pada Sabtu, (06/05/2023), menurut informasi dari @InfoBMKGMaluku. Fenomena ini akan membuat pengamat melihat bulan menjadi gelap, tetapi tidak sepenuhnya tertutup.

banner 336x280