Kemenkominfo Bantah Blokir Google Docs Setelah Beberapa Waktu Tak Bisa Diakses, Menkominfo: Sudah Pulih, Ini Problem Teknis

DIKSI NEWS5 Dilihat
banner 468x60

Pihak berwenang mengklaim bahwa pemulihan layanan Google Docs berlangsung dengan cepat, dan saat ini semua pengguna dapat mengaksesnya tanpa hambatan.

“Sebentar dan sudah pulih,” singkat Usman.

banner 336x280
Dengan pemulihan ini, para pengguna dapat kembali menjalankan aktivitas pekerjaan dan pendidikan mereka seperti biasa.

Google Docs adalah salah satu layanan populer, yang menjadi jagoan Google sejak tahun 2006. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara daring. Meskipun pernah mengalami pemblokiran sementara, kini aplikasi tersebut kembali normal dan dapat kembali berjalan seperti biasa oleh seluruh kalangan pengguna di Indonesia.

Para analis IT menduga bahwa pemblokiran sementara tersebut bisa saja terkait dengan sertifikat keamanan yang Google Docs gunakan. Sertifikat keamanan adalah protokol yang mengenkripsi data yang bertansmisi antara server dan perangkat pengguna. Dalam beberapa kasus, jika sertifikat ini tidak valid atau ada masalah teknis, browser web akan mengeluarkan peringatan keamanan, seperti yang terjadi pada pesan “Your connection is not private.”

Sebagai tanggapan cepat terhadap masalah ini, Google dan tim teknis Kemenkominfo sepertinya telah bekerja sama untuk memperbaiki sertifikat keamanan sehingga aplikasi ini dapat kita akses kembali tanpa kendala. Walaupun peristiwa ini membuat sebagian pengguna merasa cemas, pemblokiran sementara tersebut menunjukkan pentingnya keamanan siber dan perlindungan data pengguna sebagai prioritas utama dalam penggunaan layanan daring yang semakin mendominasi berbagai aspek kehidupan kita.

banner 336x280