PELINDUNG Beraksi Menjaga Kelestarian Sungai Cimantaja di Lumbung, Agar Anak Cucu Kita Dapat Mewarisi Kelestarian Hutan

DIKSI NEWS22 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis -Komunitas Peduli Lingkungan dan Gunung (PELINDUNG) menjalankan aksi luar biasa di Sungai Cimantaja, Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Dalam kegiatan ini, berbagai pihak bergabung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai Cimantaja yang memiliki peran vital dalam kehidupan masyarakat setempat. Jum’at,(23/09/2023).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas PELINDUNG tersebut, menghadirkan narasumber Hendriyanto, atau akrab disapa Henhen.

Henhen menyebut jika sungai Cimantaja bukan sekadar aliran air biasa, melainkan nyawa bagi perekonomian masyarakat Kecamatan Lumbung, terutama dalam sektor pertanian dan perikanan.

“Sungai Cintamaja sudah seperti nyawa bagi perekonomian warga Lumbung, sektor pertanian dan perikanan menggantungkan nasib pada alirannya” ujar Henhen.

Puncak acara ini adalah pembersihan sungai dan penanaman pohon. Aktivitas ini bertujuan menjaga kebersihan sungai dan memperkuat ekosistem alaminya.

“Kami hari ini melakukan kegiatan penanaman pohon, selain dari pembersihan sungai” papar Henhen.

Selain itu, mereka berharap generasi muda dan pihak pemerintahan Kecamatan Lumbung akan merasakan pentingnya melestarikan Sungai Cimantaja ini.

Henhen menegaskan, “Kegiatan ini bukan hanya sekadar acara rutin, melainkan bagian dari komitmen jangka panjang Komunitas PELINDUNG. Kami berupaya untuk terus mengkampanyekan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Kecintaan terhadap kelestarian alam harus kita jaga selama manusia hidup. Alam harus tetap terjaga agar manfaatnya ternikmati oleh generasi yang akan datang.”

Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini sangat beragam, termasuk Muspika Kecamatan Lumbung, CDK wilayah 7 Ciamis, UPTD Kebersihan Kawali, Koramil 1307 Kawali, Polsek Kawali, UPTD PUPR Kawali, UPTD Peternakan dan Perikanan Kawali, BPP Kecamatan Lumbung, Unsur Pemerintah Desa Lumbung, siswa dari SMA Negeri 1 Lumbung dan SMK Maarif Nurul Huda Utsmaniyyah Lumbung, Karang Taruna Kecamatan Lumbung, Karang Taruna Desa Lumbung, serta Bank Sampah Kartun Bangsa Lumbungsari.

PELINDUNG Beraksi Selamatkan Hutan Untuk Warisan Anak Cucu
PELINDUNG Beraksi Selamatkan Hutan Untuk Warisan Anak Cucu

Melalui upaya seperti ini, komunitas PELINDUNG mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu demi menjaga lingkungan hidup. Mereka berharap upaya ini akan membuat kelestarian alam menjadi perhatian utama, dan manfaatnya dapat langsung terasa oleh generasi mendatang.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, untuk melakukan segenap kemampuan bagi kelestarian alam. Semoga, anak cucu kita nanti dapat merasakan manfaat dari yang kita perbuat hari ini” pungkas Henhen.