Jembatan Cidugaleun Putus Tergerus Derasnya Arus, Ribuan Warga Tasikmalaya Terisolir

DIKSI NEWS14 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Tasikmalaya – Jembatan Cidugaleun yang menghubungkan dua Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya terputus karena terbawa arus sungai yang meluap akibat derasnya debit air. Kejadian yang membarengi lebatnya hujan yang mengguyur Tasikmalaya ini tak luput membuat beberapa aktivitas terganggu. Minggu (7/5/2023) sekitar pukul 17.30 WIB.

Jembatan ini merupakan penghubung dua kecamatan, yaitu Cigalontang dan Sariwangi, dengan dua desa, yaitu Desa Cidugaleun dan Parentas, yang terputus aksesnya.

banner 336x280

Kapolsek Cigalontang AKP Dian S Setiana membenarkan kejadian ini dan beruntungnya tidak ada warga yang melintas di lokasi saat kejadian.

“Betul kejadian petang ini. Saya merapat ke lokasi dan akan berjaga bersama anggota agar tidak ada warga yang melintas. Khawatir ada warga yang tidak tahu melintas dan terjerembab. Maka kami antisipasi hal ini dengan berjaga di lokasi,” kata Dian.

Jembatan terputus setelah fondasi ujung jembatan amblas terbawa arus dan bagian tembok penahan tebing juga longsor.

Ribuan warga harus memutar lebih jauh sekitar 5 kilometer saat menuju ibu kota Kabupaten Tasikmalaya.

“Yah terhambat aksesnya warga Dua Desa Cidugaleun dan Parentas, mereka harus memutar lebih jauh sekitar 5 kilometer kalau mau ke ibu kota kabupaten,” kata Dian.

Sementara itu, di Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sungai Pajagan meluap akibat diguyur hujan deras pada hari yang sama. Dua puluh rumah serta mesjid terendam air antara 30 sampai setengah meter, bahkan pengajian rutin warga terpaksa batal digelar karena mesjid terendam banjir.

Ustadz Asep seorang pemuka Agama setempat membenarkan kejadian masuknya air ke dalam mesjid, kejadian ini menghambat kegiatan keagamaan untuk sementara waktu.

banner 336x280