Dinas Pendidikan Ciamis Ajukan 1150 PPPK Tahun 2022 Kejar Kekurangan Guru di Sekolah

DIKSI NEWS1 Dilihat
banner 468x60

Lebih lanjut Tetet menjelaskan jika sebelumnya di tahun 2020 sampai 2021 sebanyak 1.663 orang guru di jenjang SD dan SMP baik P1, P2 dan P3 telah lolos mengikuti PPPK. Dewasa ini Aparatur Sipil Negara ( ASN ) terbagi 2 kriteria yakni PPPK dan Pegawai Negri Sipil ( PNS ).

Keduanya adalah pegawai yang mendapat legalitas dari negara, hanya saja ada perbedaan cukup mencolok yakni PPPK sesuai namanya adalah tenaga kontrak yang setiap saat bisa saja diputus kontrak serta tidak berhak mendapat tunjangan berupa pensiun ketika sudah habis masa kontraknya. Berbeda dengan PNS yang akan mendapat keistimewaan berupa tunjangan tetap setiap bulan setelah memasuki masa pensiun.

banner 336x280

Namun demikian Tetet menjelaskan apabila ada tenaga pendidik yang sudah lolos PPPK dan  ingin menjadi PNS, bisa saja tapi harus mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“ASN itu ada dua PNS sama PPPK kalau guru PPPK mau jadi PNS harus ikut dulu tes CPNS dengan syarat maksimal berusia 35 tahun, lolos pasing grade jadi nilainya harus diambang batas,” pungkasnya

banner 336x280