Siapa yang Salah? Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Aceh, Warga Geruduk Kantor Gubernur

DIKSI NEWS6 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Aceh – Sekitar 315 pengungsi Rohingya kembali mendarat di wilayah pesisir Blang Raya Kabupaten Pidie dan pantai Blang Ulam, Aceh. Akan tetapi, sebagian warga tidak menerima dengan baik kedatangan mereka.

Warga Menyuarakan Penolakan

Warga memadati Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh, menyampaikan penolakan terhadap penempatan pengungsi Rohingya di kantor pemerintah. Aksi protes ini terjadi sekitar pukul 22.15 WIB, dan keamanan segera menutup pintu gerbang melihat kerumunan yang semakin bertambah. Minggu, (10/12/2023).

banner 336x280

Salah satu warga menyuarakan ketidaksetujuannya, “Kenapa menerima mereka, buat susah saja.”

Dugaan ada Pihak yang Mengatur

Warga juga menduga kedatangan pengungsi Rohingya terkait dengan perdagangan manusia dan adanya pihak tertentu yang telah mengatur.

“Mereka sudah ada yang memenajemenkan, kedatangan mereka sudah diatur,” duga warga lainnya.

Menggunakan Truk

Meski aksi protes ini terjadi secara spontan, namun tidak berlangsung lama. Warga akhirnya membubarkan diri meninggalkan kantor gubernur. Sebelumnya, warga dari Gampong Lamreh, Aceh Besar, telah membawa ratusan pengungsi Rohingya ke kantor tersebut dengan menggunakan truk.

Yunus, Satpam yang bertugas di Kantor Gubernur Aceh menjelaskan jika sekitar pukul 20.30 WIB para pengungsi tersebut datang menggunakan 2 truk.

“Iya, tadi kami tahu datangnya dengan dua truk ke sini sekitar pukul 20.30 WIB, kami tidak tahu apa-apa dan lagi berkoordinasi,” kata Yunus.

Masyarakat Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar juga melakukan pemindahan sebanyak 135 pengungsi Rohingya ke halaman depan kantor Gubernur Aceh di Kota Banda Aceh. Pengungsi tersebut berasal dari kapal yang mendarat di pantai Blang Ulam Lamreh.

banner 336x280