Lemahnya Perlindungan Hukum terhadap Pelapor Pelanggaran, Ciamis Belum Siap Mendukung Whistleblowing Sesuai Aturan Bupati

DIKSI NEWS88 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Lemahnya perlindungan hukum terhadap pelapor pelanggaran, merupakan indikasi bahwa Ciamis masih memiliki tantangan dalam menjalankan penegakan hukum terkait tindak pidana korupsi.

Peristiwa bocornya data pelapor dalam dugaan penyelewengan dana desa yang melibatkan Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Barisan Patriot Bela Negara (BPBN), Hardedi Suharto, beberapa waktu lalu, menjadi bukti konkret atas ketidaksiapan tersebut.

banner 336x280

Akibat bocornya data yang berisikan informasi penting, yang mengakibatkan Hardedi menjadi korban intimidasi, Toni Ichlas, seorang tokoh dan pemerhati dari Ciamis, menyatakan keprihatinannya. Baginya, keamanan dan kenyamanan pelapor adalah aspek yang harus diutamakan.

Toni mengungkapkan, “Salah satu alasan mengapa pelapor harus mendapat jaminan kerahasiaan adalah faktor keamanan pelapor. Bocornya data ini, jangan mendapat respon secara arogan oleh pihak yang terlapor. Harus mengantisipasi dampak dan risiko yang muncul, akibat bocornya laporan dan identitas pelapor.”

banner 336x280