Lapor Mas Wapres: Respons Menko Polkam dan Antusiasme Warga untuk Kanal Aduan Milik Gibran Rakabuming

Posko aduan yang berlokasi di Gedung Sekretariat Wapres, Kompleks Istana Wapres di Jakarta Pusat, ini menerima pengaduan masyarakat setiap Senin hingga Jumat pukul 08.00–14.00 WIB.

banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta — Menko Polkam Jenderal Pol. (Purn.) Budi Gunawan menyambut baik kanal aduan “Lapor Mas Wapres” yang diluncurkan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Budi, kanal ini bisa mempercepat penanganan masalah yang dihadapi masyarakat, terlebih jika kementerian terkait belum merespons.

banner 336x280

“Beliau ingin mendengar langsung keluhan masyarakat, apalagi yang mungkin belum direspons oleh kementerian atau mengalami kendala pelayanan,” ujar Budi di Jakarta, Senin (11/11/2024).

Menurutnya, “Lapor Mas Wapres” akan mendukung mekanisme aduan yang sudah berjalan di berbagai kementerian dan lembaga.

Operasional Kanal Lapor Mas Wapres

Posko aduan yang berlokasi di Gedung Sekretariat Wapres, Kompleks Istana Wapres di Jakarta Pusat, ini menerima pengaduan masyarakat setiap Senin hingga Jumat pukul 08.00–14.00 WIB.

Selain itu, aduan juga dapat disampaikan melalui WhatsApp di nomor 081117042207.

Pada hari pertama operasional, posko “Lapor Mas Wapres” menerima 60 aduan dari masyarakat.

Setiap pelapor mendapatkan nomor ID untuk memantau status aduan melalui WhatsApp atau laman resmi di setwapreslapor.go.id.

Warga juga dapat menghubungi petugas posko, untuk perkembangan laporan yang telah mereka ajukan.

Antusiasme dan Respons Masyarakat

Kanal aduan ini mendapat perhatian publik, baik di dunia maya maupun langsung di lokasi posko.

Di Instagram Gibran, berbagai komentar bermunculan; beberapa warga memuji langkah inovatif ini, sementara yang lain menyampaikan kritik dan saran terkait program yang berjalan.