PELINDUNG Beraksi Menjaga Kelestarian Sungai Cimantaja di Lumbung, Agar Anak Cucu Kita Dapat Mewarisi Kelestarian Hutan

DIKSI NEWS23 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis -Komunitas Peduli Lingkungan dan Gunung (PELINDUNG) menjalankan aksi luar biasa di Sungai Cimantaja, Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Dalam kegiatan ini, berbagai pihak bergabung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai Cimantaja yang memiliki peran vital dalam kehidupan masyarakat setempat. Jum’at,(23/09/2023).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas PELINDUNG tersebut, menghadirkan narasumber Hendriyanto, atau akrab disapa Henhen.

Henhen menyebut jika sungai Cimantaja bukan sekadar aliran air biasa, melainkan nyawa bagi perekonomian masyarakat Kecamatan Lumbung, terutama dalam sektor pertanian dan perikanan.

banner 336x280

“Sungai Cintamaja sudah seperti nyawa bagi perekonomian warga Lumbung, sektor pertanian dan perikanan menggantungkan nasib pada alirannya” ujar Henhen.

Puncak acara ini adalah pembersihan sungai dan penanaman pohon. Aktivitas ini bertujuan menjaga kebersihan sungai dan memperkuat ekosistem alaminya.

“Kami hari ini melakukan kegiatan penanaman pohon, selain dari pembersihan sungai” papar Henhen.

Selain itu, mereka berharap generasi muda dan pihak pemerintahan Kecamatan Lumbung akan merasakan pentingnya melestarikan Sungai Cimantaja ini.

Henhen menegaskan, “Kegiatan ini bukan hanya sekadar acara rutin, melainkan bagian dari komitmen jangka panjang Komunitas PELINDUNG. Kami berupaya untuk terus mengkampanyekan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Kecintaan terhadap kelestarian alam harus kita jaga selama manusia hidup. Alam harus tetap terjaga agar manfaatnya ternikmati oleh generasi yang akan datang.”

banner 336x280