Penobatan Raja Charles III Menggantikan Ratu Elizabeth II, Resmi Setelah Selama 73 Tahun Menjadi Pangeran Mahkota Wales Terlama Sepanjang Sejarah

DIKSI NEWS18 Dilihat
banner 468x60
DiksiNasinews.co.id, Inggris – Raja Charles III resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris menggantikan mendiang Ratu Elizabeth II dalam sebuah upacara di Westminster Abbey. Dalam upacara tersebut, mantan Adipati Rothesay ini menyatakan dengan sungguh-sungguh dan tulus di hadirat Tuhan bahwa ia adalah seorang Protestan yang setia dan akan mempertahankan undang-undang yang berlaku dengan kekuatan terbaiknya. Sabtu (06/05/2023) waktu setempat.

Prosesi penobatan ini merupakan tradisi yang telah berlangsung selama lebih dari 900 tahun. Pengukuhan Charles menjadi Raja Inggris juga melibatkan Permaisuri Camilla, istri Raja Charles III. Setelah upacara penobatan, sang Raja dan Permaisuri Camilla akan kembali ke Istana Buckingham dengan kereta kencana Gold State Coach yang akan melambangkan momen penting bagi warga Inggris.

Sang Pangeran Wales terlama ini menjadi raja setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada tanggal 8 September 2022. Ia juga akan menjadi kepala negara dari 14 negara Persemakmuran, termasuk Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Acara penobatan mantan Adipati Cornwall ini menjadi kesempatan bagi keluarga kerajaan dan komunitas di seluruh Inggris untuk berkumpul dan merayakan momen penting ini. Istana Buckingham menyatakan bahwa upacara penobatan Raja Charles III mencerminkan tradisi sejarah monarki Inggris sekaligus peran modernnya saat ini.

ย Charles Philip Arthur George, lahir pada tanggal 14 November 1948 sebagai anak tertua dari mendiang Ratu Elizabeth II dan mendiang Pangeran Philip. Sebagai Adipati Cornwall dan Adipati Rothesay sejak tahun 1952 hingga naik takhta, ia menjadi putra mahkota terlama dalam sejarah Britania Raya dan juga menyandang gelar Pangeran Wales terlama.

Pada usia 73 tahun, Raja Charles III adalah orang tertua yang mengambil takhta kerajaan Britania Raya, sebuah rekor yang sebelumnya dipegang oleh William IV pada usia 64 tahun.

banner 336x280