Reuni 212 tak Digelar di Monas, Anies Baswedan tak Diundang

DIKSI NEWS1 Dilihat
banner 468x60

DiksinasiNews.co.id, JAKARTA – Penyelenggaraan Reuni Aksi 212 tahun ini tak digelar di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini titik lokasinya di Masjid At Tiin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur dan akan dilaksanakan, Jumat (2/12/2022).

Reuini akbar tahunan kali ini mengambil tajuk ‘Munajat Akbar Indonesia Berselawat’. Pihak panitia juga tak mengundang tokoh-tokoh politik untuk hadir pada acara tersebut.

banner 336x280

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai perpindahan lokasi Reuni 212 di Masjid At-Tin tahun ini mengindikasikan gerakan 212 mulai melemah.

“Kan memang sudah memantau gerakan mereka. Sudah mengawasi, kekuasaan sudah mengguntingnya agar melemah. Ini jadi buktinya,” kata Ujang, DiksinasiNews melansir dari laporan CNN Kamis (1/2).

Faktor gerakan kelompok ini, kata Ujang, melemah lantaran tokoh-tokoh penting dalam kelompok ini terjerat kasus hukum. Ia memngungkapkan contoh kasus yang pernah menjerat Rizieq Shihab dan Munarman yang kini masih mendekam di Lapas.

Meski Rizieq sudah bebas namun masih menjalani masa pembebasan bersyarat. Ujang memprediksikan kalau Rizieq juga faham soal hukum dan tentunya dia akan berhati-hati.

FPI terkenal sejak lama terafiliasi dalam payung gerakan 212. Tapi pemerintah sudah membubarkannya, hal ini akan mempengaruhi faktor suasana halal bihalal itu menjadi berbeda.

“Ini semua bagian memperlemah kekuatan mereka itu,” tambah Ujang.

banner 336x280