RSB Titik Tolak Geliat Anak Muda Ciamis, Buktikan Koperasi Bukan Hanya Urus Simpan Pinjam

DIKSI NEWS24 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Ravogue Sagara Biru ( RSB ), merupakan koperasi kekinian bentukan beberapa pengusaha muda asal Ciamis. Bertempat di gedung Pramuka Ciamis, belasan anak muda yang tergabung dalam RSB menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023. Sabtu, (29/07/2023).

Toni Fahri ketua terpilih RSB mengatakan, sejatinya lembaga ini terbentuk sejak tahun 2020. Bertempat di Kota Tasikmalaya, RSB pada mulanya berdiri dalam bentuk  Perseroan Terbatas (PT) dan bergerak dalam bidang penyewaan kendaraan roda empat.

banner 336x280

“Sebelum menjadi koperasi, RSB berbentuk PT namun karena ada pandemi Covid-19 kegiatan vakum sementara” jelas Toni.

Toni menyatakan, jika di masyarakat luas telah tertanam stigma yang kurang tepat tentang lembaga ini. Selama ini ada anggapan jika koperasi adalah lembaga yang melayani simpan pinjam semata, padahal lembaga ini punya persamaan dengan sistem sosial asli bangsa Indonesia, yakni kolektivisme. Masyarakat gotong-royong Indonesia gemar tolong-menolong. Sementara koperasi juga menganut prinsip tolong-menolong itu.

“Kami bentuk RSB menjadi lembaga yang bergerak dalam bidang jasa khusus, diantaranya dengan menyediakan beberapa keperluan bagi pengusaha rental yang bergabung di RSB terutama di bidang sparepart” papar Toni.

RSB mempunyai harapan, agar pemerataan dan pemulihan ekonomi dapat terwujud dengan layak di Ciamis. RSB menginisiasi beberapa kegiatan usaha yang masih dalam lingkungan usaha rental kendaraan, seperti jual beli sparepart, pencucian mobil, agen travel, service bengkel dan lainnya.

“Kami mengedepankan usaha yang masih dalam ruang lingkup koperasi dan berhubungan dengan bidang utama kami yakni rental kendaraan. Harapannya beberapa UMKM dapat menjadi rekan bisnis kami serta bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pada umumnya” jelas Toni.

banner 336x280