Tingginya Angka Kasus HIV/AIDS di Ciamis, ada ODHA dari Tenaga Pendidik, Bupati: Lakukan Upaya Pemutusan Rantai Penyebaran!

DIKSI HEALTH50 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Penambahan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis masih menjadi perhatian serius, dengan jumlah Orang dengan HIV/AIDS (ODA) mencapai lebih dari 800 orang, termasuk 1 pendidik.

Keprihatinan Bupati

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, mengungkapkan keprihatinannya terhadap angka kasus yang terus meningkat ini dan menekankan perlunya tindakan bersama untuk memutus mata rantai HIV/AIDS.

banner 336x280

“Angka kasus HIV/AIDS di Ciamis mencapai lebih dari 800 orang, hal ini sangat memprihatinkan kita semua,” ungkap Herdiat Sunarya setelah melantik Duta KPA tingkat SMP di Aula Setda Ciamis. Senin, (27/11/2023).

Gen Z

Bupati Ciamis menyadari urgensi memberikan pengetahuan kepada generasi muda tentang HIV/AIDS untuk membantu mengakhiri penyebarannya, terutama di wilayah Kabupaten Ciamis. Menyoroti perlunya informasi yang komprehensif tentang penularan HIV/AIDS, termasuk perilaku LGBT, Herdiat Sunarya menekankan peran penting generasi Z sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran penyakit ini.

“Gen Z sekarang menjadi Garda terdepan, karena yang nanti berdiri di depan bukan lagi Herdiat Sunarya. Kalian adalah para calon pemimpin yang suatu saat akan menggantikan saya berdiri di depan publik. Maka dari itu, kita harus bersama-sama siap dalam mencegah HIV/AIDS di Tatar Galuh,” papar Herdiat.

Benteng Moral

Bupati Ciamis berharap agar sekolah dan keluarga dapat menjadi benteng moral untuk menjaga generasi penerus bangsa dari perilaku-perilaku yang dapat memicu penyebaran HIV/AIDS.

Herdiat Sunarya menyebut bahwa dari jumlah ODHA tersebut, terdapat 1 orang dari kalangan pendidik. Meski demikian, rinciannya tidak dijelaskan secara mendalam. Saat ini, orang tersebut masih aktif sebagai pendidik dan berkegiatan.

banner 336x280