Menakar Dampak Sosial-Ekonomi Pelaksanaan Porprov XIV Jabar di Ciamis

banner 468x60

Sementara itu, tarif kamar diperiode yang sama telah meningkat dari 71% menjadi 84% (Duran, 2005).

Berkat visi ke depan yang kuat, Barcelona sekarang menikmati situasi yang luar biasa: empat tahun berturut-turut 80% atau lebih tinggi tarif hunian, tempat tidur hotel 85% lebih dari tahun 1990 dan 37% lebih dari tahun 1992 (ada 34.303 tempat tidur pada akhir 2001).

banner 336x280

Terkait dengan aspek ekonomi, penyelenggaraan Olimpiade telah memberikan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi, layanan yang disediakan di Olimpiade, layanan rumah tangga di Desa, layanan makanan dan minuman di Stadion dan sebagainya.

Catatan pentingnya, masyarakat tidak boleh menjadi korban hanya karena alasan sentimen yang hiperbolis.

Masyarakat Ciamis kebagian apa? ke mana para pelancong menbelanjakan uang?

Berkaitan dengan penyelenggaraan Porprov Jabar XIV di Ciamis, pengambilan keputusan yang berkaitan dan bersingungan dengan masyarakat maka perlu melibatkan masyarakat Ciamis secara aktif.

Kurangnya transparansi publik, ditambah dengan keterbatasan partisipasi masyarakat akan berpotensi memperburuk kesenjangan sosial-ekonomi di Ciamis.

Secara kasat mata, ribuan orang dari berbagai kota dan Kabupaten mendatangi Ciamis, dari kontingen dan cabornya masing-masing.

Untuk tempat bermalam saja, keadaan ini menguntungkan kota Tasikmalaya. Hotel-hotel di Tasikmalaya mendadak penuh oleh para tamu.

Belum lagi roda perdagangan yang memang terhidupkan seperti pada sentra kuliner dan jajanan lainnya.

Padahal jika pemda bisa lebih tranfaran dan melibatkan masyarakat, salah satu solusi yang kongkrit adalah dengan menjadikan masyarakat sebagai mitera untuk terjun langsung pada kegiatan tersebut.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana dampak sosial, ekenomi, dan psikologis penyelenggaraan Porprov Jabar ke- XIV di Ciamis?.

Sangat mungkin memerlukan terlebih dahulu untuk studi komprehensif dan lebih mendalam untuk menjawab secara tepat.

Namun, setidaknya, kita dapat menarik pelajaran dari fenomena yang terjadi pada tuan rumah even olahraga di atas.

Semoga anggaran besar yang telah keluar untuk terselenggaranya Porprov Jabar XIV ini, dapat mendongkrak kemajuan masyarakat Ciamis baik pada aspek sosial, ekonomi maupun psikologis, aamiin.

banner 336x280