17 Pejabat Eselon II Pemkab Ciamis, Ikuti Uji Kompetensi JPTP

DIKSI NEWS1 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Sebanyak 17 orang pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis mengikuti Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Uji Kompetensi JPTP itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd dan Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Ai Rusli Suargi, S.STP, M.SI pada, Rabu (01/02/2023) di Aula BKPSDM Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

banner 336x280

Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang responsif dan partisipatif melalui tugas pelayanan publik, pemerintahan dan tugas pembangunan yang diemban. Dalam melaksanakan tugasnya, Pejabat Pimpinan Tinggi harus menjamin akuntabilitas jabatan.

“Ini merupakan tugas jabatan strategis yang diemban, maka pengangkatan dan penempatan seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama perlu mendapatkan perhatian khusus,” ungkapnya.

Dijelaskan Wabup, dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), secara khusus diatur mengenai JPT dan pengisiannya pada instansi pusat dan daerah dengan mekanisme seleksi yang objektif berbasis sistem merit.

“Ini bertujuan untuk menjaring pimpinan atau pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelola segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama serta kepentingan seluruh elemen bangsa,” jelas Wabup.

Dikatakan Wabup, uji kompetensi ini untuk keperluan rotasi mutasi. Sementara untuk pemetaan dinas mana yang kosong akan dilaksanakan open biding setelah hasil uji kompetensi ini ada.

banner 336x280