Evaluasi Program Kerja dan Tanggap Bencana, Tagana Ciamis Gelar Rakor

DIKSI NEWS5 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Dalam rangka mengevaluasi program kerja, evaluasi organisasi dan evaluasi tanggap bencana di wilayah Kabupaten Ciamis, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Rutin Bulanan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Rabu (01/02/2023).

Rakor tersebut merupakan agenda rutin bulanan Tagana yang diikuti unsur dari Dinas Sosial, Penasehat Tagana, Pengurus dan anggota Tagana Kabupaten Ciamis sebanyak 50 orang.

Dewan Penasehat Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Deni mengatakan rakor ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan, sebagai perwujudan hubungan emosional sesama anggota Tagana dan evaluasi tanggap bencana di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Ini sebagai ajang silaturahmi untuk menjaga kekompakan serta mempererat jejaring antar anggota Tagana sekaligus sebagai ajang evaluasi program, evaluasi organisasi dan evaluasi tanggap bencana di wilayah Kabupaten Ciamis,” katanya.

Dalam rakor tersebut pihaknya juga membahas tentang persiapan Tagana Kabupaten Ciamis dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana. Menurutnya salah satu bencana yang rawan terjadi di Ciamis saat musim hujan adalah longsor, banjir dan saat kemarau adalah kekeringan.

Ade Deni juga membahas juga terkait persiapan Tagana Ciamis sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Latihan Gabungan (Latgab) Tagana, yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Febuari 2023 di Bukit Baros Desa Ciomas Kecamatan Panjalu.

Dijelaskan Ade Deni, Latgab tersebut akan diikuti 8 kabupaten dan 3 kota se-Jawa Barat, diantaranya Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah, Tasikmalaya, Pangandaran, Sumedang, Kuningan, Majalengka, Garut, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar dan Kota Bandung.

“Materi yang akan diberikan dalam Latgab nanti meliputi Water Rescue Arus Deras di Sungai Citanduy, Air Tenang/plat di Situ Panjalu/Situ Wangi Winduraja Kawali, Vertical Rescue di sekitar Bukit Baros, juga Evakuasi,” ungkapnya. (Nank)