Wujudkan Ketahanan Pangan, Bupati Bersama Dandim 0613/Ciamis Lakukan Panen Raya Jagung

DIKSI NEWS1 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya bersama Dandim 0613/Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I. Pol., melakukan Panen Raya Jagung.

Panen raya tersebut dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan. Adapun program ketahanan pangan itu bekerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Surya Medal dan masyarakat setempat, Rabu (01/02/2023) di Lahan PTPN VII Lemahneundeut, Desa Tanjungjaya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis diantaranya Wakapolres Ciamis Polda Jabar, Kompol Apri Rahman, SE., dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis, Nanang Permana. SH serta Kasiter Korem 062/Tarumanagara,

Bupati menjelaskan bahwa ancaman krisis pangan global saat ini menjadi salah satu isu aktual dan hangat diperbincangkan baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Ketahanan pangan ini tentu harus menjadi perhatian kita semua terutama dalam menghadapi isu global tersebut, yang diprediksi tahun ini kita akan krisis pangan,” jelasnya.

Meski begitu, Bupati mengaku tidak khawatir mengingat mayoritas masyarakat di Kabupaten Ciamis 60 persennya bermata pencaharian sebagai petani.

“Untuk Ciamis saya yakin dan optimis tidak akan kekurangan pangan, terlebih apabila masyarakat mempunyai keinginan memanfaatkan lahan-lahan terbengkalai atau terlantar menjadi lebih produktif,” ungkapnya.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Bupati mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada Dandim 0613/Ciamis beserta jajarannya yang telah bekerjasama dan berkolaborasi dengan masyarakat untuk menanam jagung.

“Terima kasih kepada pak Dandim 0613/Ciamis beserta jajarannya atas program ketahanan pangannya, dan telah berkolaborasi dengan Gapoktan Surya Medal sehingga berhasil melaksanakan budidaya jagung,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, program pembinaan ketahanan pangan yang digelar oleh Kodim 0613/Ciamis merupakan program yang sangat baik dan mulia serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentunya ini sangat membantu kami pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan serta meningkatkan minat masyarakat terhadap pertanian, terutama para generasi muda untuk berkiprah di dunia pertanian,” jelas Bupati.

Sementara itu, Dandim 0613/Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, panen raya jagung ini bagian dari upaya TNI bersama stakeholder terkait dalam mengimplementasikan arahan Presiden terkait menjaga ketahanan pangan nasional.

“Ini adalah hasil dari kemauan dan keinginan bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan,” ucapnya.

Dijelaskan Dandim panen raya tersebut dalam rangka ketahan pangan, adapun untuk lokasi pihaknya bekerja sama dengan Perkebunan PTPN VIII Batulawang/Cisaga. Dari lahan seluas 11 Hektar, 2 Hektare diantaranya sudah ditanami jagung.

“Kegiatan penanaman jagung ini bekerjasama dengan kelompok tani dan dibantu dengan anak-anak pramuka dibawah arahan Ketua DPRD Ciamis,” ungkapnya.

Diakui Dandim, dalam pelaksanaan tanam juga pihaknya menerapkan teknologi yang dimiliki Kodam III/Siliwangi yakni Pupuk Bios 44. Penggunaan pupuk ini bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan hasil panen pada semua tanamanan pertanian serta perikanan.

“Penanaman jagung ini kami terapkan menggunakan pupuk Bios 44, sehingga kita bisa lihat hasilnya memuaskan dan tidak membutuhkan masa tanam yang lama,” jelas Dandim.

Dandim berharap apa yang telah dilaksanakan di Perkebunan PTPN VIII Batulawang/Cisaga bisa diterapkan ditempat lain khususnya pada lahan tidak produktif agar dapat produktif kembali. Sehingga dapat membantu dan menyukseskan program ketahanan pangan yang selama ini digencarkan oleh Pemerintah.

“Untuk mendukung program ketahanan pangan nasional ini, kami jajaran Kodim 0613/Ciamis melakukan penanaman jagung. Ini dilaksanakan dengan melibatkan warga sekitar dan instansi terkait sehingga hasilnya nanti dapat bermanfaat untuk rakyat,” pungkasnya. (Nank)