Guide Block Terhalang Tenda di CCF Hari Jadi Ciamis ke 382 Penyandang Tuna Netra Meradang: Pemerintah Menganaktirikan Kami!

Guide Block Terhalang Tenda Pedagang di CCF Hari Jadi Ciamis ke-382, PPDI Ciamis Meradang

DIKSI NEWS637 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Ciamis – Guide Block yang seharusnya menjadi panduan bagi penyandang tuna netra, terpantau terhalang oleh tenda pedagang di ajang Ciamis Creative Festival (CCF) dalam rangka peringati hari jadi Ciamis ke 382.

Perayaan Hari Jadi Ciamis ke-382 yang seharusnya menjadi ajang kebahagiaan bagi seluruh warga, tercoreng oleh tindakan panitia yang dinilai kurang memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas.

banner 336x280

Guide Block Terhalang Tenda Tuna Netra Terhadang

Guide Block yang berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi tunanetra justru terhalang oleh tenda-tenda pedagang.

Sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Ciamis, Herdi Apriani Nur, mengungkapkan rasa kecewanya.

“Kami dari PPDI Ciamis merasa kecewa. Seharusnya, semua kalangan bisa menikmatinya tanpa terkecuali. Tapi, kami merasa seperti anak tiri karena seolah tak boleh ikut serta memeriahkan hari jadi Ciamis,” ungkap Herdi. Minggu, (23/06/2024).

Peraturan Tentang Prioritas Penyandang Disabilitas

Herdi menekankan seharusnya panitia penyelenggara, memperhatikan pentingnya peraturan terkait disabilitas.

Beberapa regulasi yang disebutkan adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi terhadap Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, serta PP Nomor 42 Tahun 2020.

“Panitia pelaksana tidak mengindahkan hal tersebut. Terus terang, saya merasa jika penyandang disabilitas Ciamis tidak terakomodir dalam kegiatan ini,” sesal Herdi.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya telah berulang kali mencoba berkomunikasi dengan panitia maupun dinas terkait namun tidak mendapatkan respons yang memuaskan.

“Dari awal pelaksanaan CCF di IC, saya sudah beberapa kali mencoba komunikasi. Namun, baik panitia maupun dinas terkait seolah tak peduli,” geramnya.

Penyandang Tunanetra Bingung Lewat Mana

Salah satu penyandang tunanetra, (sebut saja Ilham), juga menyampaikan kebingungannya.

banner 336x280