Harga Menara BTS 4G yang Dikorupsi Ternyata FANTASTIS, Pantesan Banyak yang Tergiur

DIKSI NEWS9 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Jakarta – Kasus dugaan korupsi yang melibatkan proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyeret sejumlah individu, termasuk Johnny G Plate, mantan Menteri Kominfo, yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Besarnya nilai korupsi dalam proyek BTS 4G ini diperkirakan mencapai Rp 8 triliun. Angka yang “menggemparkan” ini menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat Indonesia, berapa Harga Menara BTS 4G ?

banner 336x280

Zulfadly Syam, Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menjelaskan bahwa Harga Menara BTS 4G berkisar antara Rp 600 juta hingga Rp 1,5 miliar. Ia juga menjelaskan bahwa harga tersebut bergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, jalur distribusi material, grounding, dan harga tanah.

Sedangkan untuk antena BTS, Zulfadly menjelaskan bahwa antena tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab operator untuk menyediakan.

“Biaya pembangunan menara menjadi tanggung jawab pihak terkait. Antena berasal dari operator. Satu menara seharusnya dapat menampung sekitar 2-6 operator,” ungkap Zulfadly. Selasa (23/05/2023).

Zulfadly menjelaskan bahwa rentang harga tersebut masih masuk dalam batas wajar, terutama jika pembelian material pembangunan terjadi secara massal.

Ketika membahas mengenai waktu penyelesaian pembangunan, Zulfadly menyatakan bahwa hal tersebut juga tergantung pada beberapa faktor, seperti proses perancangan, lokasi, dan fondasi.

banner 336x280