Gujo Hachiman: Menakjubkan, di Kota ini Ikan KOI Bebas Melenggang di Sungai

DIKSI TRAVELING14 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Jepang – Gujo Hachiman adalah kota kecil yang terletak di Prefektur Gifu, Jepang. Meskipun ukurannya kecil, kota ini memiliki keunikan yang menakjubkan. Salah satu keunikan yang paling mencolok adalah kualitas airnya yang sangat baik, sehingga air di kota ini bisa langsung diminum.

Kualitas air di Gujo Hachiman sangat terjaga karena aliran airnya berasal dari pegunungan di sekitar kota. Air mengalir di sungai-sungai dan danau-danau di sekitar kota, melalui pengolahan secara alami dan tidak menggunakan bahan kimia.

Masyarakat membuat kelompok yang bernama “Mizubunka”, yang memiliki arti “budaya air” untuk melakukan pengolahan air secara mandiri. Mizubunka bertanggung jawab untuk menjaga kualitas air di kota ini dan memastikan bahwa air yang digunakan oleh masyarakat aman dan sehat.

FESTIVAL

Selain kualitas airnya yang sangat baik, Gujo Hachiman juga terkenal dengan festival Awa Odori yang terjadi setiap tahun pada bulan Agustus. Festival ini merupakan festival tari rakyat yang berasal dari kota Tokushima di Pulau Shikoku. Tarian Awa Odori di Gujo Hachiman berbeda dari tarian Awa Odori di kota lain karena tariannya lebih sederhana dan lebih mudah bagi masyarakat untuk mempelajarinya. Wisatawan dari seluruh Jepang, bahkan luar negeri selalu menghadiri Festival ini.

Selain festival Awa Odori, Gujo Hachiman juga memiliki keunikan lain yang menarik perhatian wisatawan. Salah satunya adalah sistem pengangkutan barang tradisional yang terkenal dengan sebutan “yamaboko”. Yamaboko adalah kereta dorong, warga menggunakannya untuk mengangkut barang-barang dari kota ke pegunungan dan sebaliknya. Yamaboko terbuat dari kayu masyarakat biasa menghias dengan lukisan tradisional yang indah. Wisatawan bisa menyewa yamaboko untuk mengelilingi kota dan menikmati pemandangan yang indah.

Keunikan lain dari kota ini adalah masyarakat setempat mempunyai keterampilan, yakni membuat kerajinan tangan tradisional. Mereka menyebut kerajinan tangan dari kayu sebagai “mokkou”. Masyarakat menggunakan wadah kecil ini, untuk menyimpan obat-obatan tradisional Jepang. Wadah ini terbuat dari kayu yang perajin mengukirnya dengan indah dan menghias dengan warna-warna yang cerah.

Gujo Hachiman adalah kota kecil yang kaya akan keunikan dan budaya tradisional Jepang. Dengan kualitas air yang sangat baik, festival Awa Odori yang menarik, sistem pengangkutan barang tradisional yang unik, dan kerajinan tangan yang indah, Gujo Hachiman patut menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan pan ingin merasakan keindahan dan keunikan Jepang yang sebenarnya.