Komitmen Ciamis pada Kesejahteraan Lansia dan Disabilitas Melalui Bansos Makanan Siap Santap

Eka Permana Oktaviana, Kepala Dinsos Kabupaten Ciamis, menyatakan bahwa program ini merupakan kelanjutan dari upaya pemerintah daerah yang telah berjalan selama tiga tahun

DIKSI NEWS15 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, CIAMIS – Dalam upaya peningkatan kesejahteraan Lansia dan Disabilitas, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan dengan dukungan Kementerian Sosial RI, meluncurkan kembali program bantuan sosial (Bansos) permakanan tahun 2024.

Makanan Bergizi Dua Kali Sehari

Program ini khusus bagi lansia tunggal dan penyandang disabilitas di Ciamis, yang akan menerima makanan bergizi siap santap dua kali sehari.

banner 336x280

Eka Permana Oktaviana, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, menyatakan bahwa program ini merupakan kelanjutan dari upaya pemerintah daerah.

Sebanyak 2.300 penerima manfaat (PM) terdiri dari lansia tunggal dan disabilitas se Kabupaten Ciamis, jelas Eka, akan mendapat makanan siap santap dua kali sehari dengan menu bervariasi.

“Untuk tahun ini, kami mengalokasikan dana sebesar 8 miliar Rupiah dari Kemensos RI untuk mendistribusikan makanan siap santap kepada 2.300 penerima manfaat,” ujar Eka dalam acara silaturahmi dan evaluasi permakanan di Gedung BKPMRI Desa Pawindan. Kamis (25/4/2024).

Dengan biaya makanan per porsi sebesar Rp 15.000, jika dikonsumsi dua kali sehari, maka total biaya per hari adalah Rp 30.000.

Kemudian, Ada honor operasional Rp 2.000 per PM yang tersedia bagi petugas kirim, jadi Pokmas mengeluarkan biaya Rp 32.000 setiap harinya.

Program tersebut, menurut Eka telah berjalan selama tiga tahun terakhir.

“Sudah berjalan selama 3 tahun terakhir,” singkat Eka.

Program Berjalan 6 Bulan

Program ini sesuai jadwal berlangsung selama enam bulan, mulai dari Februari hingga Juni.

banner 336x280