Bansos Ada Pungli ? Catat! Ini Nomor Layanan Pengaduan dari Kemensos

DIKSI NEWS5 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, – Pemerintah menggelontorkan serangkaian bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan sosial (bansos) untuk menekan risiko krisis ekonomi di masyarakat. 

Ada beberapa BLT dan Bansos yang cair di tahun 2022 adalah, BLT BBM, BLT subsidi upah, BLT UMKM, BLT Dana Desa, PKH, dan BPNT. Masyarakat bisa memanfaatkan berbagai bantuan ini terutama untuk menekan dampak kenaikan harga BBM awal September lalu.

Baca Juga : Bansos Ada Pungli ? Catat! Ini Nomor Layanan Pengaduan dari Kemensos
Baca Juga : Reuni 212 tak Digelar di Monas, Anies Baswedan tak Diundang

Akan tetapi selalu saja program baik dari pemerintah ini, tidak selalu sejalan dengan implementasinya. Bahkan selalu saja ada oknum yang memanfaatkannya sebagai ladang untuk meraup keuntungan pribadi dengan melakukan pungutan liar (pungli).

Bagi kalian para penerima ataupun yang tidak menerima terdapat nomor layanan pengaduan jika menemukan masalah. Kalian bisa melapor langsung ke Kemensos melalui nomor telepon layanan pengaduan yang tersedia.

Diinformasikan oleh akun resmi Instagram @kemensosri memberikan nomor layanan pengaduan untuk masyarakat Indonesia, jika menemukan hal-hal yang tidak sesuai terkait bansos 2022.

Seperti halnya bansos tidak tepat sasaran, terdaftar menjadi penerima manfaat akan tetapi tidak menerima uangnya, penyelewengan, pungutan liar, dan masalah lainnya.

Namun, sebelum melaporkan penyalahgunaan bansos 2022 pastikan kalian mempunyai data yang akurat.

Setelah kalian yakin dengan data yang ada dan pastikan bermasalah terkait bansos 2022 langsung saja hubungi layanan pengaduan yang telah tersedia.

Adapun nomor layanan pengaduan tersebut ialah 171.

“Catat ya! Ini layanan pengaduan Bantuan Sosial,” tulis Kemensos melansir dari akun Instagramnya.

“Call Center 171,” sebut Kemensos.

Nomor Call Center tersebut merupakan nomor layanan pengaduan Kemensos untuk masyarakat yang menemukan masalah terkait bantuan sosial.

Adapun untuk pengecekan dan pengusulannya kalian bisa kunjungi langsung laman cekbansos.kemensos.go.id.

Sedangkan untuk usulan agar mendapatkan bantuan kalian bisa melakukan di menu “usul sanggah” di aplikasi Cek Bansos. ***

1 komentar

  1. I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

Komentar ditutup.