Pandemi Belum Usai Kolaborasi 2 Organisasi Kepemudaan Optimis Pemuda Ciamis Mampu Bangkit

DIKSI NEWS0 Dilihat
banner 468x60

Ciamis, diksinasinews.co.id – Pandemi belum dinyatakan sirna dari bumi pertiwi, namun demikian tidak menyurutkan 2 tokoh pemuda Ciamis dalam hadapi segala permasalah dampak dari Covid – 19 tersebut.

Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar, SH,.MM mengatakan bahwa aktivitas pemuda di Kabupaten Ciamis baik itu melalui jaringan organisasi atau komunitas maupun perorangan sangat luar biasa, terlebih pasca pandemi Covid-19.

banner 336x280

“Pasca pandemi kemarin, Alhamdulillah antusias pemuda di Kabupaten Ciamis tinggi, mereka dengan kesadaran sendiri mencoba mengadaptasikan diri terkait pemulihan ekonomi,” kata Ega.

Dijelaskan Ega, banyak sekali aktivitas pemuda Kabupaten Ciamis dalam pemberdayaan dan pemulihan ekonomi, salah satunya yang ditampilkan pada pameran produk atau pameran kepemudaan dalam rangka hari Sumpah Pemuda yang digelar di alun-alun Ciamis.

“Ini menandakan bahwa ada bukti kepedulian dari kalangan pemuda di Kabupaten Ciamis untuk melakukan aktivitas yang bisa memberdayakan dirinya juga dan bisa membantu program pemerintah daerah dalam rangka percepatan atau pemulihan ekonomi di Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Dikatakan Ega dalam momentum hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, sesuai dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”, ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Menurut Ega, pemuda harus memiliki peran strategis dengan pola pikirnya, aktivitasnya juga dengan gerakannya mencoba membangun bangsa ini dengan penuh keseriusan, kesungguhan, komitmen dan integritas yang tinggi. Tentunya yang paling utama adanya pemikiran untuk membuat persepsi yang sama khususnya di Kabupaten Ciamis,

“Untuk membangun Ciamis kedepan harus dengan adanya kebersatuan, keharmonisan juga kebersamaan yang paling utama bersatu untuk membangun bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ciamis, Tohirin, S.Pd.I menambahkan bahwa dalam momentum hari Sumpah Pemuda ke-49 tahun 2022 ini menurutnya kita bukan lagi berjalan di tempat, tetapi bisa dikatakan kembali ketitik nol.

“Jadi harus diubah pola bagaimana untuk membangkitkannya, kita ini mengalami dua hal yang menyebabkan kita menjadi makin terpuruk,” ucapnya.

banner 336x280