Bupati Ciamis Rayakan Hari Kesehatan Nasional, Berikan Pelayanan Kesehatan Berkualitas Bagi Masyarakat!

DIKSI NEWS15 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, menyebut bahwa kesehatan adalah aset yang sangat berharga bagi semua individu dan masyarakat. Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Ciamis. Jumat (17/11/2023).

Tanggung Jawab Besar

Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau kepada masyarakat.

“Momen yang sangat berarti ini merupakan kesempatan untuk merayakan semangat dan dedikasi dalam pelayanan dan menjaga kesehatan masyarakat. Saya apresiasi kepada Pak Kadis dan jajaran serta seluruh stakeholder yang telah mengabdikan diri untuk masyarakat,” ujarnya.

Transformasi

Herdiat menekankan bahwa transformasi kesehatan adalah bentuk upaya untuk memperbaiki sistem pelayanan agar lebih tangguh, kuat, dan mandiri dalam menghadapi ancaman di masa depan.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Gedung KH. Irfan Hielmi, Islamic Center Ciamis, Bupati Herdiat Sunarya mengungkapkan bahwa menjaga kesehatan masyarakat bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan perjuangan.

Kolaborasi

Pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu menjadi ujian besar, dan Herdiat mengajak untuk mengambil hikmah dari pandemi tersebut, seperti membangun kolaborasi dan memperkuat budaya kerja.

“Terimakasih kepada semua sektor dan jajaran petugas medis nakes yang telah sepenuh hati bekerja dalam melayani masyarakat di tingkat desa, kecamatan, serta kabupaten Ciamis,” kata Herdiat.

Ia juga mendorong perubahan paradigma dari mengobati menjadi mencegah, dengan pelayanan primer yang meningkatkan akses kesehatan promotif dan preventif kepada seluruh lapisan masyarakat.

Insentif Covid -19

Bupati juga menyampaikan kabar baik terkait pembayaran insentif tenaga kesehatan penanggulangan Covid-19 periode Juli-Agustus 2021. Meskipun belum seluruhnya, pembayaran insentif ini menjadi kabar baik di Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Kabupaten Ciamis.

Sekretaris Dinas Kesehatan Ciamis, Anton Wahyu, menjelaskan bahwa pemerintah telah melakukan transfer pembayaran insentif pada Kamis (16/11/2023).

Anton menyatakan, “Totalnya kan ada 971 tenaga kesehatan dengan anggaran Rp 4.4 Miliar, tahap awal kita transfer untuk yang periode Juli 2021. Yang Agustus akan dianggarkan kembali pada tahun 2024.”

Meskipun pembayaran sempat tertunda karena kendala kondisi keuangan APBD, namun upaya tersebut menunjukkan komitmen Pemkab Ciamis dalam mendukung tenaga kesehatan yang telah bekerja keras selama pandemi Covid-19.