Peringati Hari Sungai Sedunia Komunitas Peduli Sungai Harap Pemerintah Tidak Hanya Gelar Acara Seremonial Semata

DIKSI NEWS4 Dilihat
banner 468x60

Diksinasinews.co.id,Ciamis– Beberapa Komunitas Peduli Sungai ( KPS ) berharap Pemerintah tidak hanya menggelar acara seremonial belaka dalam gelaran peringatan hari sungai sedunia yang digarap DPRKPLH Ciamis yang bertempat di rumah makan Benlih area Kelurahan Benteng Kecamatan Ciamis, 11/10/2022.

Acara yang mengusung tema “Pentingnya Sungai Bagi Keanekaragaman Hayati ” ini dihadiri beberapa kalangan yang berhubungan dengan sungai dan sekitarnya, diantaranya Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup ( DPRKPLH ),Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ), Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan ( DPUPRP ), dan masyarakat yang tergabung dalam KPS.

banner 336x280

Sinergitas pemerintah dengan komunitas pecinta lingkungan dan Komunitas Peduli Sungai dianggap sebagai sebagai bentuk keseriusan dalam menjaga dan memelihara sungai di wilayah Kabupaten Ciamis.

Berbagai elemen dilibatkan dalam proses pemeliharaan sungai seperti bank sampah, KPAI dan Dinas Pendidikan melalui Sekolah Adiwiyata. Sebanyak 25 Sekolah berbasis adiwiyata sebagai bentuk pendidikan dasar kecintaan akan sungai dewasa ini sudah terbentuk di Ciamis.

Komunitas Peduli Sungai Ciamis Peringati Hari Sungai Sedunia

Diharap dengan adanya sekolah Adiwiyata di lingkungan Ciamis dapat ikut menjaga kelestarian Sungai beserta turunannya di Ciamis. Anak didik sedari dini sudah ditanamkan kecintaan akan sungai serta alam.

Yayat salah satu anggota komunitas pecinta sungai menyebut bahwa dia bersama rekan berkomitmen untuk memelihara sungai secara bertahap dan sesuai kebutuhan. “Kami tidak akan menyerah walau memang lelah, semoga kepedulian kami akan sungai akan menjadi ibadah.”

banner 336x280