Ciamis Leadership Participation 2022 Bentuk Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Ciamis

DIKSI NEWS8 Dilihat

Ciamis, diksinasinews.co.id –  GenBI (Generasi Baru Indonesia)  Universitas Galuh gelar  Ciamis Leadership Participation 2022  rangkaian kegiatan ini berkonsentrasi  pada pergerakan anak muda nasional khususnya di Kab. Ciamis untuk menunjukan karya, inovasi serta pemikiran.  Rabu (12/10/2022)

Rangkaian kegiatan diawali dengan beberapa perlombaan diantaranya Videografi (Cinta Bangga Paham Rupiah), Poster (Kampanye Lingkungan) serta Cerpen (Merawat dan Menjaga Rupiah) untuk anak SLTA sederajat se-Kabupaten Ciamis.  Gebyar seminar ini mengusung tema “Colaboration in Diversity”.

Ketua pelaksana Imamudin menjelaskan bahwa Ciamis Leadership Participation ini memprioritaskan kepada Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet Layak Huni dan Berkelanjutan, Leadership Keberagaman dan Inklusi.

Ketua GenBI Univesitas Galuh Ihsan Nuralim menuturkan “kegiatan ini adalah sejarah Bagi kami, disamping Hajat pertama di kampus tercinta, Ciamis Leadership Partcipation 2022 ini bukan hanya sekedar ajang Eksistensi bagi kami”, akan tetapi ia menegaskan bahwa kegiatan (CLP) 2022 bisa menjadi gerbang untuk seluruh pemuda/i di kabupaten ciamis dengan ikut andil baik dalam pembangunan ataupun lewat pemikiran di semua peran sesaui tagline CPL ini #MARIAMBILPERAN! mudah-mudahan ada perhatian kolaborasi nyata dari semua pihak.

Ciamis-LeaderShip-2022
Ciamis-LeaderShip-2022

Lebih lanjut Ihsan berharap agar event Ciamis Leadership Participation 2022 ini akan menjadi jembatan bagi  ±350 anak muda yang mengikuti kegiatan secara luring  ini supaya  lebih tanggap dan peka akan  perannya sebagai FrontLiner, Future Leader serta  ikut andil dalam membangun negeri ini khususnya di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Universitas Galuh ini di hadiri oleh Anggota Komisi XI DPRD RI Bapak Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.IP., M.Si, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Bapak Engkus Sutisna, S.T., M.T., Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Bapak Dr. H. Tatang, M.Pd., Kepala Perwakilan Bank Tasikmalaya Bapak Aswin Kosotali, Pembina Yayasan Universitas Galuh Bapak Otong Husni Taufiq, D.Ip., M.H., beserta jajaranya, Rektor Universitas Galuh Dr. Dadi, M.Si., beserta jajaranya juga  Ketua Umum GenBI Unigal Ihsan Nuralim.

Selain dihadari oleh tamu undangan dan para pemateri yang luar biasa, kegiatan ini pun dihadiri oleh peserta sebanyak 350 orang mulai dari perwakilan SLTA se-Kabupaten Ciamis, Mahasiswa Universitas Galuh dan Masyarakat umum dari berbagai penjuru Kabupaten Ciamis.

Aswin Kosotali dalam sambutanya  menyampaikan tentang pentingnya Leadership ini untuk menjawab berbagai tantangan di masa depan, oleh karena itu seluruh mahasiswa diharapkan dapat menjadi pemimpin dimasa depan yang unggul di berbagai bidang. “Untuk mencapai dan menjawab pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan, serta menggapai visi Indonesia sebagai negara maju ditahun 2045 tentunya perlu dukungan dari berbagai sumber manusia yang unggul, diantaranya generasi muda perlu memiliki digital mindset dan adaptif berjiwa kepemimpinan (leadership)”

Begitupun Opening Speech yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur bahwa “Mahasiswa saat ini berusia 20-25 tahun dan pada tahun 2045 berusia 40-50 tahun, akan tampil bangsa ini sebagai pemimpin dari berbagai bidang, syaratnya adalah memiliki ilmu pengetahuan (Kompetensi), keterampilan (Soft skill) dan attitude  yang baik (Akhlaqul karimah)”.

Gelaran Galuh Leadership Participation 2022 yang digadang sebagai post-event GenBI diharapkan bisa menumbuhkan semangat yang tinggi dalam diri anak muda, sehingga mereka lebih berpartisipasi terhadap dunia dengan mengambil aksi nyata dalam berkontribusi untuk Indonesia lewat cara, keahlian dan perannya masing-masing.

Mari ambil Peran!