Siapa yang Salah? Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Aceh, Warga Geruduk Kantor Gubernur

DIKSI NEWS6 Dilihat
banner 468x60

Dua kendaraan jenis Truk dan L-300, mengangkut pengungsi yang terdiri dari anak- anak dan dewasa. Meskipun mereka telah turun dari mobil, belum ada kejelasan mengenai penanganan lebih lanjut terhadap mereka.

Saat ini, aparat kepolisian masih mengawal para pengungsi yang berada di teras kantor Gubernur Aceh. Sekretaris Desa Lamreh, Asmadi Kadafi, menyatakan bahwa warga melakukan pemindahan karena menilai lokasi mendarat tidak layak.

banner 336x280

“Karena pertimbangan keamanan, warga meminta UNHCR memindahkan mereka (rohingya) dari kampung kami,” kata Asmadi.

Komentar UNHCR

Sementara perwakilan UNHCR datang untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan makanan, tetapi belum ada petunjuk lanjutan dari pimpinan terkait penanganan pengungsi Rohingya ini. Warga meminta agar UNHCR memindahkan mereka ke lokasi yang lebih aman.

Perwakilan UNHCR, Ann Maymann, menyatakan perlunya dialog dengan semua pihak untuk mencari solusi. Meskipun ada penolakan sebagian warga, Ann menekankan bahwa tidak bisa megeneralisasi penolakan tersebut sebagai sikap mutlak dari seluruh Indonesia.

“Kita perlu duduk bersama dengan semua pihak untuk mencari solusi tentang hal ini. Memang ada dua-tiga lokasi yang bisa, tapi itu perlu persetujuan dari pemerintah setempat,” kata Ann.

banner 336x280