Panwaslu Kecamatan Banjarsari Gelar Apel Siaga untuk Mengawasi Masa Tenang Pemilu 2024

Gelar Apel Siaga, Panwaslu Kecamatan Banjarsari Siap Awasi Masa Tenang

DIKSI NEWS5 Dilihat

DiksiNasi, Ciamis – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Banjarsari menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu sebagai upaya memperkuat sinergitas dan mempersiapkan seluruh jajaran pengawas pemilu menghadapi tahapan kampanye pemilu 2024.

Berbagai pihak menghadiri upacara tersebut, termasuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Pengawas Kelurahan Desa (PKD), Pengawas TPS, dan instansi terkait lainnya di lingkungan Kecamatan Banjarsari.

Kegiatan apel siaga tersebut terlaksana di halaman kantor Kecamatan Banjarsari, Ciamis, pada Senin (12/02/2024).  Komisioner Panwaslu Kecamatan Banjarsari beserta jajaran staf, mendampingi Camat Banjarsari, Drs. H Dedi Iwa Sahputra yang memimpin upacara tersebut.

Sambutan Ketua Panwascam

Ketua Panwaslu Kecamatan Banjarsari, Ai Sofiati M.Pd, menekankan pentingnya pencegahan pelanggaran pemilu dalam menciptakan pengawasan yang berintegritas.

Dalam sambutannya, Ai Sofiati mengatakan, “Apel siaga ini adalah sebagai bentuk keseriusan kami dalam mengemban amanat UU dalam menghadapi hari pemungutan dan penghitungan suara. Di tahapan masa tenang ini kami pun tidak ‘pandang bulu’ dalam hal penindakan jika terbukti ada peserta pemilu yang melakukan kegiatan pada tahapan pemilu ini.”

Komitmen Panwaslu

Ia juga menegaskan komitmen Panwaslu Kecamatan Banjarsari untuk memastikan kelancaran dan kejujuran pemilu serentak 2024.

“Menjelang tahapan krusial di 14 Februari 2024 nanti, saya memastikan Panwaslu Kecamatan Banjarsari beserta jajarannya memiliki kesiapan dan performa yang prima untuk melakukan kinerjanya sebagai bukti upaya Panwaslu untuk memenuhi harapan dan ekspektasi masyarakat.”

Totalitas Panwaslu

Pemilu yang berkualitas dan berintegritas, menurut Ai Sofiati, dapat tercapai dengan totalitas dalam kinerja pelaksanaan pengawasan. Panwaslu Banjarsari, siap mengemban amanat rakyat dalam mengawal pemilu yang berintegritas. Salah satunya, dengan mencegah pelanggaran sejak dini. Tak lupa, meningkatkan intensitas pengawasan, dan menguatkan sikap integritas dalam penindakan pelanggaran serta penyelesaian sengketa proses pemilu.

Ai Sofiati, kemudian meminta seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan Banjarsari, PKD, dan PTPS untuk meningkatkan koordinasi satu sama lain.

“Pengawas pemilu harus mampu bekerja secara professional, independen, dan imparsial,” tandasnya.

Dengan semangat dan keseriusan tersebut, Panwaslu Kecamatan Banjarsari siap menjaga integritas dan kejujuran dalam pelaksanaan pemilu mendatang. Hal ini, bertujuan demi terwujudnya proses demokrasi yang sehat dan berkualitas.

#MIO