RSB Titik Tolak Geliat Anak Muda Ciamis, Buktikan Koperasi Bukan Hanya Urus Simpan Pinjam

DIKSI NEWS23 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Ravogue Sagara Biru ( RSB ), merupakan koperasi kekinian bentukan beberapa pengusaha muda asal Ciamis. Bertempat di gedung Pramuka Ciamis, belasan anak muda yang tergabung dalam RSB menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023. Sabtu, (29/07/2023).

Toni Fahri ketua terpilih RSB mengatakan, sejatinya lembaga ini terbentuk sejak tahun 2020. Bertempat di Kota Tasikmalaya, RSB pada mulanya berdiri dalam bentuk  Perseroan Terbatas (PT) dan bergerak dalam bidang penyewaan kendaraan roda empat.

“Sebelum menjadi koperasi, RSB berbentuk PT namun karena ada pandemi Covid-19 kegiatan vakum sementara” jelas Toni.

Toni menyatakan, jika di masyarakat luas telah tertanam stigma yang kurang tepat tentang lembaga ini. Selama ini ada anggapan jika koperasi adalah lembaga yang melayani simpan pinjam semata, padahal lembaga ini punya persamaan dengan sistem sosial asli bangsa Indonesia, yakni kolektivisme. Masyarakat gotong-royong Indonesia gemar tolong-menolong. Sementara koperasi juga menganut prinsip tolong-menolong itu.

“Kami bentuk RSB menjadi lembaga yang bergerak dalam bidang jasa khusus, diantaranya dengan menyediakan beberapa keperluan bagi pengusaha rental yang bergabung di RSB terutama di bidang sparepart” papar Toni.

RSB mempunyai harapan, agar pemerataan dan pemulihan ekonomi dapat terwujud dengan layak di Ciamis. RSB menginisiasi beberapa kegiatan usaha yang masih dalam lingkungan usaha rental kendaraan, seperti jual beli sparepart, pencucian mobil, agen travel, service bengkel dan lainnya.

“Kami mengedepankan usaha yang masih dalam ruang lingkup koperasi dan berhubungan dengan bidang utama kami yakni rental kendaraan. Harapannya beberapa UMKM dapat menjadi rekan bisnis kami serta bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pada umumnya” jelas Toni.

Bentuk Koperasi dipilih karena berbagai alasan, ketika masih PT. maka kendaraan harus memakai atas nama perusahaan. Namun sekarang ada 17 pengusaha yang bergabung dalam RSB, dan bisa memakai atas nama sendiri.

“Sekarang ada 17 pengusaha bergabung dalam naungan RSB, keuntungannya ketika mobilnya sedang disewa dan ada penyewa lain maka bisa berbagi dengan kendaraan anggota yang lainnya” ucap Toni.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Ciamis Nanang Permana, S.H. memberikan sambutannya dalam RAT kali ini. Nanang menyebutkan bangga dengan anak muda yang berani tampil beda, apalagi dengan niat meningkatkan taraf ekonomi ciamis.

<yoastmark class=

“Lebih sukar mengendalikan diri daripada kendalikan organisasi, karena tidak perlu pake hati melainkan ikuti aturan dan anggaran dasar” tegas Nanang.