DPC PPDI Ciamis Lontarkan Kritik Keras Terkait Kolaborasi Sentra Phalamartha dengan Dinsos Bagikan Bantuan Untuk Disabilitas

Kolaborasi Dinsos dan Sentra Phalamartha untuk Bantuan Lansia dan Disabilitas di Ciamis Menuai Kritik dari DPC PPDI

DIKSI NEWS81 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasi, Ciamis – Di Halaman Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis, sebuah program bantuan untuk para lanjut usia dan penyandang disabilitas telah terlaksana pada Selasa (21/05/2024).

Program ini, yang merupakan hasil dari usulan masyarakat ke Jakarta, berlanjut dengan kerjasama Sentra Phalamartha Sukabumi, berhasil menyalurkan bantuan kepada 83 penerima yang terdiri dari 56 lansia dan 27 penyandang disabilitas.

banner 336x280

Verifikasi Ketat dari Sentra Phalamartha

Didi Supriadi, perwakilan dari Sentra Phalamartha, menyampaikan bahwa bantuan tersebut tersalurkan setelah proses asesmen dan verifikasi yang ketat.

Verifikasi tersebut, bertujuan untuk menjamin keadilan dalam distribusi.

“Kami memastikan bahwa semua bantuan yang tersalurkan, termasuk 25 kg beras, minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya, benar-benar tepat sasaran,” jelasnya.

Dukungan dari Dinas Sosial

Eka Oktaviana, Kepala Dinas Sosial Ciamis, menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari dukungan yang lebih luas untuk masyarakat.

Mengutip patroli-indonesia.com, Eka menyebut, kegiatan berjalan dengan anggaran mencapai sekitar 600 juta rupiah.

Gambar Tangkap Layar Patroli-indonesia.com
Gambar Tangkap Layar Patroli-indonesia.com

Eka juga berharap bahwa Kementerian Sosial dapat memberikan perhatian lebih mengingat keterbatasan anggaran yang tersedia.

PPDI Ciamis Tidak Dilibatkan

Namun, kegiatan ini mendapat sorotan kritis dari Dewan Perwakilan Cabang Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC PPDI) Ciamis.

Pendamping Disabilitas Kabupaten Ciamis, Dede menyebut jika penerima manfaat bukan dari pendataan PPDI.

“Data penerima adalah usulan dari dewan pusat, ini anggaran waktu masa kritis jadi kami tidak berani mengeluarkan” ujar Dede melalui sambungan telepon.

Karena data penerima bukan dari PPDI, maka pihaknya tidak memberitahu terlebih dahulu.

banner 336x280

Komentar