Kenaikan Cukai Hasil Tembakau dan Pengaruhnya bagi para Penikmat di Indonesia

10 Rokok Termahal di Dunia di 2024, Harganya Capai Jutaan!

banner 468x60

DiksiNasi, Jakarta – Rokok terus menjadi salah satu komoditas yang paling diminati di Indonesia, meskipun telah ada kampanye keras tentang bahayanya.

DBHCHT Naik

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata pengeluaran per kapita untuk rokok di dalam negeri mencapai Rp85.630 dalam sebulan pada September 2022.

banner 336x280

Meskipun demikian, kampanye anti-merokok tampaknya belum sepenuhnya berhasil, mengingat masih banyaknya masyarakat yang tetap mengabaikan bahayanya.

Untuk mengurangi jumlah perokok aktif di Indonesia, Presiden Joko Widodo mengambil langkah kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) sebesar rata-rata 10% per 1 Januari 2024.

Namun, beberapa minimarket belum menerapkan kenaikan harga yang ditetapkan, menyebabkan kenaikan harga diperkirakan akan terjadi setelah pengiriman barang selanjutnya dalam beberapa hari ke depan.

Rata-Rata Harga Rokok di Indonesia

Saat ini, harga rata-rata rokok di Indonesia berkisar mulai dari Rp2.055 per batang untuk Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Rp2.165 per batang untuk Sigaret Putih Mesin (SPM).

Dengan kenaikan tarif cukai rokok sebesar 10%, diperkirakan harga rokok di tahun 2024 akan menjadi Rp2.260 per batang untuk SKM dan Rp2.380 per batang untuk SPM.

Meskipun kenaikannya terlihat kecil, namun hal ini cukup membuat konsumen berpikir dua kali sebelum membeli, mengingat harga per bungkusnya bisa mencapai Rp35.000 hingga Rp40.000-an.

 Deretan Rokok Termahal di Dunia

Di sisi lain, harga rokok di Indonesia masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan harga rokok di luar negeri.

Sebagai contoh, di Australia, satu bungkus Marlboro Merah dijual seharga USD29.32 atau setara dengan Rp454.460.

Berikut adalah beberapa merek rokok termahal di dunia yang mungkin membuat Anda tercengang:

1. Treasurer Luxury Black – USD100/bungkus
– “Cerutu mewah ini mendapat campuran khusus dari tembakau Virginia pada proses pembuatannya, ini memberikan cita rasa yang sangat unik.”

Treasure LuxuryBlackopen
Treasure LuxuryBlackopen

– “Berdasarkan informasi yang dari produsen, setiap bungkus cerutu ini mengandung 8mg tar dan 0,8mg nikotin. Bau asapnya sangat khas dan tidak terlalu menyengat.”

2. Treasurer Aluminium Gold – USD80/bungkus
– “Rokok istimewa ini memiliki ukuran yang lebih panjang dari rokok biasa, yaitu berukuran 90 milimeter. Lapisan foil mewah dengan logo Treasury melapisi atasnya.”

Treasure Luxury AluminumBlack
Treasure Luxury AluminumBlack
banner 336x280