Toyota Luncurkan Innova Zenix Mobil Keluarga Mapan Indonesia

OTO DIKSI1 Dilihat
banner 468x60

Diksinasinews.co.id – Toyota punya jagoan di Indonesia yang sudah melegenda, debut awal sebagai mobil rakyat dengan harga terjangkau dan banyak utilitas yang disandangnya. Mengutip dari laman toyota.astra.co.id ternyata nama Kijang merupakan kependekan dari “Kerjasama Indonesia dan Jepang”.

Pencetus pertama nama Kijang ternyata bukan orang sembarang. Jusuf Kalla mecetuskan istilah Kijang untuk pertama kali. Memakai pakem desain Basic Utility Vehicle ( BUV ) karena menyasar kalangan menengah ke bawah pada masanya.

banner 336x280
gambar koleksi situs mobilmotorlama.com
gambar koleksi situs mobilmotorlama.com

Namun seiring berjalannya waktu, desain BUV sudah tidak lagi melekat pada Kijang. Kini Kijang telah menjadi sebuah mobil multi purpose vehicle (MPV) medium. Segmentasi pasarnya pun bergeser menyasar keluarga mapan yang mengutamakan kenyamanan membuat Kijang bertransformasi menjadi seperti sekarang. Nama Kijang sendiri kini mulai perlahan tak terdengar dan lebih populer menyandang nama Innova.

Setelah beberapa kali mengalami perubahan desain dan penyempurnaan teknologi, Toyota resmi meluncurkan varian teranyarnya di Indonesia yakni Innova Zenix.

Teknologi yang tersemat pada generasi Kijang ketujuh ini juga mengikuti zaman, banyak hal yang sudah berubah total apabila membandingkan dengan seri terdahulu.

Perubahan  meliputi platform dan eksterior dengan merombak habis tampilan dan menanamkan teknologi ramah lingkungan hybrid di Zenix.

“Hari ini kami meluncurkan generasi Kijang Innova terbaru, Kijang Innova Zenix,” ujar Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Senin (21/11).

Hybrid Pertama Produksi Indonesia

Henry menyatakan Zenix adalah varian hybrid pertama yang produksi Indonesia. Toyota New Global Architecture mengubah total sisi ekteriornya. Struktur monokok segera menggantikan platform jadul ladder frame yang serupa dengan SUV Fortuner serta pikap Hilux.

Selain ladder frame penggerak roda belakang adalah hal lain yang ditinggalkan oleh Zenix. Insinyur Toyota sekarang dapat memasang mesin hybrid dan penggerak roda depan di mobil terbaru Innova ini tak lupa transmisi jenis baru ikut disematkan, semua berkat TNGA GA-C yang membuat Zenix akan menjaga tahtanya sebagai kendaraan idaman keluarga mapan Indonesia.

banner 336x280