Berhasil Menjuarai Piala Soeratin U13, SSB Mitra United Gagal Wakili Ciamis ke Tingkat Provinsi Karena Kecerobohan ASKAB

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) akan kembali menggelar turnamen sepak bola usia muda yang dikenal dengan Piala Soeratin. Tahun ini, turnamen ini menjadi lebih beragam dengan penambahan satu kelompok umur baru, yaitu U-13. Sebelumnya, turnamen ini hanya mengadakan kompetisi untuk kelompok U-15 dan U-17. Pengundian turnamen telah dilakukan pada Kamis (10/3/2023).

Piala Soeratin, mengambil nama sesuai dengan tokoh pendiri PSSI, Ir. Soeratin Sosrosoegondo, telah menjadi tradisi sejak tahun 1965. Turnamen ini khusus tercipta untuk pemain muda, dan hingga kini tetap menjadi turnamen usia muda terbesar dan tertua di Indonesia.

banner 336x280

Menurut laman resmi PSSI, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan apresiasi kepada Asprov PSSI yang telah memajukan Piala Soeratin. Iriawan berbicara tentang penambahan kelompok U-13 dan berterima kasih kepada Asprov yang berkomitmen dalam memajukan sepak bola Indonesia, terutama dalam pengembangan usia muda.

“Alhamdulillah tahun ini Piala Soeratin bisa kembali digulirkan. Ada yang berbeda di tahun ini, PSSI menambahkan satu kelompok umur lagi, yaitu U-13. PSSI mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Asprov yang terus bersemangat memajukan sepak bola Indonesia dengan menjalankan program-program di tengah pandemi covid-19, apalagi ini menyangkut pengembangan usia muda,” kata Iriawan.

Piala Soeratin U13 Ciamis

Bulan September 2023, ASKAB Ciamis menggelar Piala Soeratin U-13 Kabupaten Ciamis Tahun 2023. Tujuan utama kompetisi ini adalah menciptakan bakat-bakat pesepakbola unggulan untuk meningkatkan regenerasi atlet sepak bola yang membanggakan Ciamis.

Dalam kompetisi yang berlangsung pada 24 September 2023, SSB Mitra United keluar sebagai juara setelah mengalahkan SSB Buldozer di Final. Namun, SSB Mitra United ternyata tidak dapat melanjutkan ke tahap provinsi. Asprov Jabar mengklaim bahwa ada beberapa administrasi yang belum lengkap. Akun resmi Askab PSSI Ciamis , menyatakan jika Mitra united sebagai juara 1 berhak mengikuti kompetisi Piala Soeratin U-13 tingkat Provinsi Jawa Barat.

banner 336x280