Gapuraning Rahayu Melegenda di Jalur Selatan Kebanggaan Masyarakat Tatar Galuh

banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Sudah menjadi hal yang umum bagi masyarakat Priangan Timur untuk mengenal perusahaan otobus Gapuraning Rahayu atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan  PO GR.

PO bus yang didirikan pada tahun 1977 oleh Almarhum H Moch Karno dan berkantor di Ciamis ini memulai perjalanannya dengan hanya lima unit mini bus Mitsubishi Colt Diesel untuk melayani trayek Tasikmalaya-Cirebon.

banner 336x280

Tidak butuh waktu lama bagi PO GR untuk menambah armadanya menjadi dua bus Mitsubishi pada tahun 1978, mengingat sambutan positif dari masyarakat setempat. PO yang berbasis di Kota Ciamis, Jawa Barat ini dikenal memiliki reputasi yang kuat di jalur selatan, terutama untuk bus yang melayani trayek antar kota antar provinsi (AKAP).

Salah satu ciri khas dari PO GR adalah livery-nya yang menampilkan kombinasi warna putih-hijau dan hijau-kuning. Selain itu, PO ini melayani rute-rute populer seperti Ciamis, Banjar, Pangandaran, Karangpucung, Sindareja, Wangon, Cilacap, Kawunganten, dan Kroya. Pada tahun 1996-1997, PO Gapuraning Rahayu melakukan perubahan besar-besaran dengan mengubah sebagian armadanya dari bus ekonomi menjadi bus patas.

banner 336x280