Kolang Kaling Makanan Pembuka Favorit Buka Puasa, Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

DiksiNasinews.co.id – Kolang kaling menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa. Kolang kaling ini dipanen dari buah pohon aren yang dibakar hingga hangus. Kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Bertekstur kenyal dan berbentuk lonjong, makanan yang mempunyai nama lain cangkaleng  ini sering dijadikan sebagai bahan campuran olahan minuman dan beberapa olahan makanan manis. Seperti kolak, es buah, puding sampai dibuat manisan.

Di samping rasanya yang segar dan nikmat ketika disajikan saat berbuka, Cangkaleng ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Cangkaleng mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan.

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

  1. Memelihara kesehatan jantung

    Senyawa polisakarida galactomannan di dalam kolang-kaling dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah Atap menjadi nama lain dari makanan ini diketahui juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

  2. Melancarkan pencernaan

    Kandungan serat yang tinggi membuat makanan paling dicari saat bulan puasa ini juga bermanfaat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Serat di dalam makanan yang berasal dari biji aren alias Arenga pinnata ini diketahui mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

  3. Mengendalikan kadar gula darah
    Buah yang dalam bahasa Belanda dipanggil glibbertjes ini ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes atau obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa serat kolang-kaling memiliki senyawa polisakarida galactomannan yang mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah terjadinya diabetes.
  4. Mencegah dehidrasi
    Kolang kaling memiliki kandungan air sangat tinggi, yaitu sekitar 94%. Kandungan air ini membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk memenuhi asupan cairan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.
  5. Meredakan nyeri sendi
    Kolang kaling diduga memiliki efek yang sama dengan obat pereda nyeri sendi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kolang kaling mengandung beberapa macam zat antiradang yang mampu meredakan nyeri sendi, salah satunya yang disebabkan oleh osteoarthritis.

Kolang-kaling memang menawarkan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Terlebih bila diimbangi dengan sayuran, protein serta makanan sehat lainnya.

Jadi, sudah siapkah menyajikan kolang kaling untuk berbuka puasa?