Wacana Presidential Club Prabowo: Langkah Strategis atau Gimik Politik?

Beberapa pihak khawatir klub tersebut akan menjadi "klub elite para sultan" yang menjalankan pemerintahan tanpa pengawasan memadai

banner 468x60

DiksiNasi, Ciamis – Pengamat politik menganggap ide Prabowo Subianto untuk membentuk “Presidential Club” sebagai upaya mengamankan kebijakan pemerintahannya.

Namun, beberapa pihak khawatir klub tersebut akan menjadi “klub elite para sultan” yang menjalankan pemerintahan tanpa pengawasan memadai.

banner 336x280

Keseriusan Prabowo

Prabowo, yang akan menjabat sebagai presiden periode 2024-2029, dianggap “serius” dalam rencananya membentuk klub kepresidenan untuk melibatkan para mantan presiden era Reformasi.

Presiden Joko Widodo dan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut baik ide tersebut, tetapi kubu Megawati Soekarnoputri merespons dengan kekhawatiran yang belum jelas.

Presidential Club = Koalisi Gendut

Menurut beberapa pengamat, klub kepresidenan ini dapat membentuk “koalisi gendut” pemerintahan.

Hal ini, tentu saja akan mempermudah Prabowo dalam merumuskan kebijakan tanpa perlawanan signifikan di parlemen.

Namun, ada risiko bahwa klub tersebut hanya akan menjadi “klub elite” yang memperkuat “oligarki politik luar biasa”.

Ide ini pertama kali mencuat dalam wawancara virtual Dahnil Anzar Simanjuntak, juru bicara Prabowo Subianto, dengan Kompas TV pada 29 April.

Dahnil menyatakan bahwa Prabowo ingin melanjutkan agenda pembangunan dengan merangkul masukan dari mantan presiden.

Meskipun ide klub kepresidenan ini sudah lama menjadi pembahasan dalam internal Partai Gerindra, baru belakangan ini menjadi sorotan publik.

banner 336x280