Warganet Geram, Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games 2023 Kamboja Minta Maaf

DIKSI NEWS6 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Kamboja – Bendera Indonesia Terbalik nampak pada acara latihan pembukaan pesta olahraga asia tenggara tersebut. Kejadian ini sontak membuat dunia maya heboh, Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games 2023 telah meminta maaf atas kejadian terbaliknya bendera Indonesia saat upacara pembukaan.

Rangkaian upacara pembukaan berlangsung sebelum acara utama dimulai pada pukul 19.00 waktu setempat. Sang Saka Merah Putih dikibarkan terbalik pada saat pre-show upacara pembukaan SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, pada Jumat (05/05/2023) sore.

Penonton yang telah diinformasikan untuk datang lebih awal pun mulai memadati tribun. Namun, momen kontroversial terjadi ketika insiden bendera Indonesia terbalik disiarkan secara langsung di kanal YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) sebagai perwakilan Tanah Air langsung mengambil tindakan dengan mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games Kamboja (CAMSOC). Sikap ini disampaikan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo telah bertemu dengan Menteri Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kamboja Hang Chuon Naron di Phnom Penh untuk membahas insiden bendera Indonesia yang terbalik saat rangkaian latihan upacara sebelum pembukaan SEA Games 2023 Kamboja.

Pertemuan ini dilakukan di Kantor Menteri Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kamboja pada Sabtu (06/05/2023) pagi. Menteri Hang meminta maaf atas insiden bendera Indonesia yang terbalik dan mengklarifikasi peristiwa tersebut. Menpora Dito menjelaskan bahwa pemerintah Kamboja sangat menyesali kejadian tersebut dan Menteri Hang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya minta maaf atas adanya insiden kemarin. Saya harap Indonesia akan sukses di SEA Games tahun ini. Indonesia adalah tim yang kuat. Saya harap yang terbaik buat Anda,” jelas Menteri Hang.

Menteri Hang juga berharap Indonesia dapat meraih kesuksesan dalam SEA Games 2023 Kamboja. Ini menjadi momen yang penting bagi kedua negara untuk menjaga hubungan baik di antara keduanya.