Warganet Geram ! Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan, Gubernur Lampung Malah Tepuk Tangan

DIKSI NEWS2 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Lampung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa sebagian jalan yang sudah bertahun-tahun rusak di Lampung akan diperbaiki oleh pemerintah pusat. Hal ini disampaikan saat kunjungan kerja ke Lampung untuk meninjau kondisi jalan yang sudah lama rusak. Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, merespons kabar baik tersebut dengan tertawa dan bertepuk tangan.

Warganet pemilik akun @ankiim berkomentar ” agak laen emang ” menyindir tingkah kocak sang Gubernur. Akun lainnya @andrianelvand menimpali dan mengaku kesal dengan tingkah Arinal yang tiba – tiba tepuk tangan, beda dengan sikap elegan mentri PUPR Basuki.

Jokowi menjelaskan bahwa perbaikan jalan yang sudah lama rusak akan diambil alih oleh pemerintah pusat karena ada tanggung jawab jalan nasional di pemerintah pusat, jalan provinsi di gubernur, dan jalan kabupaten di bupati/wali kota.

“Begini, semangatnya adalah kita ingin memperbaiki, jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, provinsi, baik jalan kota yang rusak parah. Dan mayarakat harus tahu, ada tanggung jawab jalan nasional di pemerintah pusat, jalan provinsi di gubernur, jalan kabupaten itu di bupati/wali kota,” kata Jokowi usai meninjau jalan rusak di Lampung, seperti dilihat di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (6/5/2023).

Masyarakat yang berada di lokasi terdengar bersorak sorai dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, juga ikut merespons dengan tertawa dan mengucap syukur. Jokowi meminta Arinal dan jajarannya untuk bertanggung jawab terhadap sejumlah jalan lain yang rusak agar segera diperbaiki.

“Tapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” lanjut Presiden.

Ada 15 ruas jalan di Lampung yang akan diperbaiki pemerintah pusat dengan dana sebesar Rp 800 miliar.

“Tahun ini pemerintah pusat, khusus untuk Lampung, akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp 800 miliar untuk 15 ruas jalan, termasuk ini,” tambah Jokowi.

Perbaikan jalan rusak tersebut dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juni mendatang. Jokowi memerintahkan Menteri PU untuk melakukan lelang terkait pembangunan perbaikan jalan. Selain itu, ada beberapa ruas jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan kabupaten/wali kota.

“Akan dimulai pembangunannya perbaikannya bulan juni karena harus lelang dulu. begitu saya lihat tadi, saya perintahkan Pak Menteri PU untuk lelang, tapi juga nanti ada beberapa ruas yang jadi tanggung jawab pak gubernur, bapak ibu bupati di sini jangan semua pemerintah pusat,” imbuhnya

Pada kunjungan kerja sebelumnya, Jokowi meninjau ruas jalan pertama di Lampung yaitu Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan. Jalan tersebut tidak beraspal dan banyak lubang di berbagai sisinya. Mobil yang ditumpangi Jokowi melaju secara zig-zag melintasi jalanan yang bergelombang dan belok ke kanan dan kiri untuk menghindari lubang-lubang di jalanan.

Dengan adanya perbaikan jalan rusak yang dilakukan oleh pemerintah pusat ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Lampung dan memudahkan mobilitas masyarakat serta kelancaran distribusi barang dan jasa di wilayah tersebut.