Skuad Garuda Taklukan Gajah Putih dengan Skor Telak 5-2, Indonesia Raih Emas Cabor Sepak Bola Sea Games 2023 Kamboja Setelah Melalui Laga yang Dramatis, Hujan Kartu Merah Warnai Pertandingan

DIKSI SPORT19 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Kamboja – Skuad Garuda akhirnya persembahkan emas dan resmi meraih juara pertama dalam cabor sepakbola, Sea Games 2023 Kamboja menjadi titik klimaks perjuangan asuhan Indra Sjafri ini. Torehan ini sekaligus menjadi sejarah bagi team sepakbola kebanggaan nusantara ini, karena selama ini mereka seolah menjadi spesialis runner – up ( juara kedua ) dalam setiap kejuaraan yang mereka ikuti. Selasa, (16/05/2023).

Skuad dan ofisial Timnas Indonesia U-22 terlibat dalam serangkaian bentrokan dengan timnas Thailand di final SEA Games 2023. Pertempuran pertama terjadi ketika timnas Thailand berhasil menyamakan kedudukan di menit-menit terakhir pertandingan babak kedua.

Para pemain dan ofisial Thailand melakukan selebrasi di depan bangku cadangan Indonesia, yang membuat suasana menjadi memanas. Selebrasi tersebut dilakukan setelah Timnas Indonesia U-22 sebelumnya merayakan kemenangan karena mengira pertandingan sudah berakhir.

Suasana yang panas berlanjut hingga babak perpanjangan waktu. Tak lama setelah Timnas Indonesia U-22 mencetak gol, bentrokan kembali terjadi dan suasana semakin memanas. Bahkan, wasit terpaksa mengeluarkan sejumlah kartu merah baik untuk Indonesia maupun Thailand.

Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand dengan skor akhir 5-2. Pada babak pertama pertandingan final SEA Games 2023 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa, (16/05/2023) malam, Indonesia unggul 2-0 atas Thailand.

Babak Pertama

Pada menit ketujuh, Ernando Ari mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pelanggaran kepada penyerang Thailand di luar kotak penalti Indonesia. Pada menit ke-10, Indonesia mendapatkan peluang lewat tembakan Marselino Ferdinan dari dalam kotak penalti Thailand, tetapi tembakannya masih melewati mistar gawang.

Menit ke-18, tembakan jarak jauh Komang Teguh kembali mengancam gawang Thailand, tetapi masih melambung di atas mistar. Di menit ke-20, Indonesia berhasil membuka keunggulan 1-0 melalui tandukan Ramadhan Sananta setelah menerima umpan lemparan jarak jauh dari Alfeandra Dewangga.

Gol ini bermula dari lemparan dalam oleh Alfeandra Dewangga dari sisi kanan serangan. Dewangga melakukan lemparan jarak jauh ke kotak penalti yang berhasil disundul oleh Sananta. Sundulan Sananta mengarah ke gawang Thailand dan mengenai paha bek Gajah Perang, Songchai Thongcham, yang akhirnya masuk ke gawang sendiri.

Pada menit ke-35, Indonesia kembali mengancam gawang Thailand melalui tembakan keras Witan Sulaeman di sisi kiri, namun masih tepat mengarah ke penjaga gawang Thailand.

Pada menit ke-45+4, Indonesia berhasil menambah gol melalui sontekan Ramadhan Sananta setelah menerima umpan jarak jauh dari Rizky Ridho, yang berhasil mengelabui kiper Thailand. Meskipun diprotes oleh pemain Thailand, gol tersebut tetap disahkan oleh wasit.

Hingga babak pertama berakhir, skor tidak berubah, dan Indonesia tetap unggul 2-0 atas Thailand. Pada babak perpanjangan waktu, terjadi insiden pemain Indonesia dan Thailand terlibat dalam pertarungan fisik.

Babak Kedua

Bukan hanya antar pemain, tetapi juga melibatkan ofisial tim, terjadi aksi baku pukul pada babak pertama perpanjangan waktu final SEA Games 2023 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5).

Aksi tak pantas ini terjadi tak lama setelah Timnas Indonesia U-22 berhasil kembali unggul atas Thailand dengan gol yang membuat skor menjadi 3-2, dicetak oleh Irfan Jauhari pada menit ke-91. Keributan kemudian pecah antara pemain dari kedua tim, dan tidak hanya itu, ofisial tim juga terlibat dalam pergulatan tersebut.

Pemain Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh terlihat dalam tayangan siaran langsung saling bertukar pukulan dengan kiper Thailand, Soponwit Rakyart. Manajer Timnas Indonesia U-22, Sumardji, juga tidak luput dari pukulan yang dilepaskan oleh ofisial Thailand.

Keributan ini membuat wasit mengeluarkan kartu merah bagi Komang dan Soponwit. Selain itu, kartu merah juga dikeluarkan kepada ofisial dari kedua tim pada pertandingan babak pertama perpanjangan waktu.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, pertandingan semakin sengit antara Skuad Garuda dengan Negara Gajah Putih saling berbalas serangan. Pada menit ke-66, Thailand berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui tandukan Anan Yodsangwal setelah menerima umpan sepak pojok dari rekannya.

Kemudian, pada menit ke-90+8, Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Yotsakon sehingga laga harus berlanjut ke babak tambahan.

Babak Perpanjangan Waktu Pertama

Di awal babak perpanjangan waktu, Indonesia berhasil mencetak gol cepat melalui sontekan Irfan Jauhari pada menit ke-92. Skuad Garuda hampir menambah skor melalui beberapa peluang emas yang ada. Salah satunya adalah peluang emas Marselino Ferdinan pada menit ke-105 yang masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand.

Babak Perpanjangan Waktu Kedua

Masuk ke babak kedua perpanjangan waktu, Fajar Fathur Rahman mencetak gol keempat bagi Skuad Garuda. Memanfaatkan kekosongan di lini belakang Thailand, Fajar melepaskan tembakan yang melebihi jangkauan kiper Thirawoot Sraunson.

Sementara itu, Thailand yang berusaha mengejar justru kehilangan Anan yang mendapatkan kartu kuning kedua. Kekurangan pemain dalam skuad Gajah Perang menjadi angin segar bagi Indonesia. Pada menit akhir perpanjangan waktu, Beckham Putra Nugraha mencetak gol dan mengubah skor menjadi 5-2.

Indonesia Juara Pertama Cabor Sepakbola

Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 5-2 atas Thailand dalam pertandingan final SEA Games 2023, sehingga meraih medali emas yang membanggakan dari cabang sepak bola.

Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi yang luar biasa dari skuad Timnas Indonesia U-22. Para pemain menunjukkan kemampuan teknis yang tinggi, kerja sama tim yang solid, dan semangat juang yang tidak kenal lelah sepanjang turnamen.

Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Timnas Indonesia U-22 berhasil menunjukkan bahwa mereka adalah yang terbaik di kawasan Asia Tenggara dan mampu bersaing dengan tim-tim kuat lainnya.

Selain itu, kemenangan ini juga menjadi motivasi besar bagi perkembangan sepak bola Indonesia di masa depan. Prestasi ini akan memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan bakat mereka dalam olahraga sepak bola.

Pemerintah dan masyarakat Indonesia juga berperan penting dalam memberikan dukungan dan semangat kepada skuad Timnas Indonesia U-22. Dukungan penuh dari seluruh rakyat Indonesia memberikan kekuatan ekstra bagi para pemain untuk memberikan yang terbaik di lapangan.

Indonesia Raih Emas dari Cabor Sepakbola

Medali emas raihan Timnas Indonesia U-22, bukan sekadar sebuah penghargaan, namun menjadi bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam olahraga sepak bola. Semoga ini menjadi pijakan agar dapat mengembangkan dan memajukan sepak bola di Indonesia, baik dalam hal pembinaan pemain, infrastruktur, maupun manajemen olahraga.

Kemenangan ini juga menjadi momentum yang penting untuk menginspirasi generasi muda Indonesia untuk lebih aktif terlibat dalam olahraga, khususnya sepak bola. Prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk bermimpi besar dan berusaha keras dalam mengejar impian mereka di bidang olahraga.

Dengan meraih medali emas dari cabang sepak bola SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 telah menorehkan sejarah yang gemilang. Masyarakat Indonesia akan mengenang prestasi ini dan menjadi bagian penting dari perjalanan sepak bola Indonesia menuju tingkat yang lebih tinggi di tingkat regional maupun internasional.

Selamat kepada skuad dan ofisial Timnas Indonesia U-22 atas kemenangan yang luar biasa ini. Semoga prestasi ini menjadi awal dari kesuksesan di masa depan dan membawa harum nama Indonesia di panggung olahraga internasional.