Budayawan Betawi Ridwan Saidi Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

DIKSI NEWS11 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, Jakarta – Kabar duka dari Budayawan Betawi Ridwan Saidi meninggal dunia pada Minggu (25/12/2022) pukul 08.30 WIB di RSPI Bintaro. Ridwan Saidi meninggal di usia 80 tahun. Melalui keterangan tertulis pihak keluarganya, kabar duka itu tersampaikan.

“Telah berpulang dengan tenang Suami, Ayah dan Dato kami tercinta Bapak Ridwan Saidi pada hari Ahad, 25 Desember 2022 pukul 08:35 di RSPI Bintaro Tangsel,” tulis keterangan keluarga.

Sebelum Budayawan betawi Ridwan saidi meninggal dunia, dalam keterangan itu pihak keluarga menjelaskan bahwa ia sempat kritis saat dirawat di RSPI Bintaro.

Anak Ridwan Saidi, Jihan, sebelumnya mengatakan sang ayah dalam keadaan koma karena pecah pembuluh darah di batang otak.

Ridwan Saidi meninggal dunia. Budayawan Betawi yang kerap jadi buah bibir ini selanjutnya, Jihan, anaknya, mengatakan bahwa ayahnya itu dalam keadaan koma lantaran mengalami pecah pembuluh darah di batang otak.

“Kondisi Pak Ridwan koma akibat pecah pembuluh darah di batang otak pada Jumat, 23 Desember pagi dan alhamdulillah sudah tertangani di rumah sakit,” ujar Jihan mengutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (23/12) malam.

Saat itu, Jihan menjelaskan pihak keluarga sedang fokus mendampingi Ridwan dalam proses perawatan.

Pihak keluarga pada saat itu menjelaskan bahwa Budayawan yang akrab disapa Babeh Ridwan itu sedang fokus menjalani proses perawatan.

“Saat ini kami pihak keluarga fokus untuk penanganan medis dan pendampingan keluarga terbaik untuk Bapak. Mohon doa dan mohon dimaafkan jika Pak Ridwan ada kesalahan,” kata Jihan.

Babeh Ridwan Saidi lahir 2 Juli 1942 di Jakarta. Ia adalah seorang budayawan Betawi, sejarawan, dan intelektual Islam. Ia juga merupakan mantan anggota DPR RI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 1977-1987.

Babeh Ridwan tercatat sebagai lulusan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial (FIS) Universitas Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 1974-1976.

Selama hidupnya, Ridwan juga sempat menulis beberapa buku terkait politik dan kebudayaan.

Kini, Babeh Ridwan Saidi Meninggal Dunia. “Selamat jalan Babeh Ridwan”.

Kami segenap jajaran perusahaan maupun Redaksi Diksinasi, mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Babeh Ridwan Saidi. Semoga almarhum khusnul khotimah.

(Zaid).