Bupati Sarankan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Desa ini Malah Maksa Cicil Mobil Pakai Dana Desa

DIKSI NEWS59 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Pemulihan ekonomi adalah salah satu hal yang menjadi fokus dan target utama Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Ciamis Pasca Pandemi Covid-19. Hal tersebut tercantum dalam PERATURAN BUPATI (PERBUP) CIAMIS NOMOR 42 TAHUN 2021 Tentang PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PENGGUNAAN DANA DESA
TAHUN ANGGARAN 2022.

Namun ada beberapa Desa yang nekat melakukan hal yang tidak menjadi prioritas dalam pemulihan ekonomi, antara lain dengan pembelian kendaraan operasional yang dengan menggunakan Dana Desa.

banner 336x280

 Ketua Bidang SDM Barisan Patriot Bela Negara Dewan Pinpinan Nasional (BPBN), Hardedi Suharto mengungkapkan jika hal tersebut dinilai tidak bijak, mengingat dalam pemulihan ekonomi pasca covid, masyarakat membutuhkan bukti dan hasil yang lebih dapat mereka rasakan.

“Apalagi jika malah beli mobil pakai dana desa, pasti ada hal yang akan menjadi korban, ketika pembelian kendaraan menjadi prioritas” ungkap Hardedi. Senin, (24/07/2023).

Hardedi melanjutkan jika dengan nominal dana desa yang minim, maka pembelian kendaraan pun tidak serta merta dapat mereka laksanakan. Hardedi menduga, ada beberapa kejanggalan dalam praktek pembelian kendaraan tersebut.

“Dalam laporan ke OMSPAN, tentunya harus jelas beberapa pengeluaran yang desa lakukan. Apalagi untuk pembelian dengan nominal diatas 200 juta, saya lihat di laporan untuk pembelian kendaraan dengan harga 241 juta laporannya sebesar 123 jutaan” ujar Hardedi.

Hardedi mengambil contoh salah satu desa di kecamatan Lumbung, yakni desa Cikupa yang memiliki anggaran dana desa sebesar Rp. 678.798.000,00 namun nekat melakukan pembelian kendaraan untuk operasional siaga desa.
Anggaran Dana Desa Cikupa Kecamatan Lumbung
Anggaran Dana Desa Cikupa Kecamatan Lumbung
banner 336x280