DPKP Berandil Sejahterakan Petani di Ciamis, Pembangunan Irigasi Bantu Tingkatkan Produktivitas

DIKSI NEWS4 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Pengembangan Jaringan Irigasi/Dam Parit/Pipanisasi (IRDAM) di Kabupaten Ciamis dianggap berhasil mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Dalam pelaksanaan program IRDAM, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis telah melaksanakan pembangunan sarana prasarana pertanian. Hasilnya, beberapa daerah menjadi bukti nyata bahwa program ini memberikan manfaat besar, terutama bagi para petani.

Salah satu petani, Jasri (64), menyatakan bahwa sawahnya sekarang dapat berproduksi dengan lebih baik berkat pembangunan yang terjadi. Produktivitasnya jadi meningkat, hal ini secara signifikan memperbaiki taraf ekonomi petani.

“Alhamdulillah, sekarang kami tidak perlu khawatir lagi. Sejak ada irigasi, kami bisa meningkatkan produksi,” ungkap Jasri.

Pernyataan Jasri mencerminkan perasaan ribuan petani lain yang merasakan manfaat dari program DPKP tersebut. Mereka berharap bahwa dengan adanya pembangunan saluran irigasi, pasokan air untuk sawah mereka akan menjadi lebih lancar.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dudung Abdul Syukur, S.E., mengatakan bahwa sektor pertanian adalah strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kabupaten Ciamis, mayoritas penduduk mencari nafkah sebagai petani.

“Untuk itu, penyuluh memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan para petani, peran dan tanggung jawabnya perlu kita tingkatkan dalam berbagi pengetahuan,” tuturnya.

Dudung menekankan pentingnya peran penyuluh dalam meningkatkan kemampuan para petani. Mereka harus memiliki pengetahuan yang lebih luas dan kemampuan yang lebih baik dalam mengelola produksi, nilai jual, dan aspek keuangan pertanian.

“Dalam program IRDAM ini, terdapat empat komponen inti: penguatan kerangka kerja pengelolaan irigasi, perbaikan pengelolaan sistem irigasi, peningkatan infrastruktur irigasi, dan terakhir peningkatan pendapatan petani beririgasi,” tambah Dudung.

Program IRDAM di Kabupaten Ciamis menjadi bukti bahwa upaya bersama antara pemerintah dan para petani dapat membawa perubahan positif dalam pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani lokal.