Elpiji Subsidi 3 Kg Jadi Sasaran Penyulingan, Polres Banjar Cokok Pelaku di BanjarSari

DIKSI NEWS1 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Banjar – Polisi berhasil menangkap pelaku penyalahgunaan gas elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi di Kota Banjar, Jawa Barat.

Kasus ini diungkap dalam konferensi pers oleh Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo di Dusun Sindangtawang RT 1 RW 1, Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis pada Kamis,(06/04/2023).

banner 336x280

Pelaku melakukan penyulingan gas elpiji dari tabung gas bersubsidi ke tabung gas non bersubsidi. Kasus ini bermula dari laporan masyarakat ketika wilayah Banjar mengalami kelangkaan gas 3 kg.

Tim langsung mengecek salah satu pangkalan gas elpiji di Kecamatan Banjar dan Pataruman Kota Banjar setelah menerima laporan tersebut. Dari tempat tersebut, tim mendapat informasi bahwa ada seseorang yang sering membeli gas melon atau gas 3 kg dalam jumlah banyak.

Tim melakukan penyelidikan selama dua minggu dan berhasil menemukan tempat penyulingan gas elpiji bersubsidi ke non-bersubsidi.

Dari hasil penyelidikan ini, Satreskrim Polres Banjar berhasil mengamankan inisial YAS dan AS sebagai pelaku penyalahgunaan gas 3 kg bersubsidi beserta barang bukti. Polisi juga mengamankan tabung gas 12 kg, 5 kg, dan 3 kg serta alat untuk memindahkan gas dari tabung gas subsidi ke tabung gas non-subsidi.

Kasat Reskrim Polres Banjar, AKP Ali Jupri menjelaskan bahwa kedua pelaku memiliki peran berbeda. YAS berperan sebagai pembeli gas elpiji bersubsidi, sedangkan AS sebagai penyuling.

banner 336x280