Jelang Pesta Demokrasi 2024, KPU Ciamis Jalin Kemitraan dengan Awak Media

DIKSI NEWS1 Dilihat

CIAMIS, Jawa Barat, diksinasinews.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menggelar silaturahmi dengan para awak media yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia (IPJI), Selasa (08/11/2022) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis-Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu dan dihadiri juga oleh para Komisioner KPU juga dari praktisi Pendidikan Hukum Universitas Galuh (Unigal) Ciamis.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu mengatakan, dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 mendatang, sosialisasi Pemilu sangat penting.

Sosialisasi Pemilu harus melibatkan semua pihak termasuk insan media massa yang merupakan pilar keempat demokrasi, sebagai penyampai informasi kepada masyarakat atau publik.

Metua KPU Ciamis foto bersama para awak media, Selasa (08/11/2022) di Aula Dinas Pendidikan Ciamis. (Foto Nank)

“Mengingat peran media ini sangatlah penting dan berpengaruh dalam kelancaran tahapan Pemilu dan Pilkada, maka kegiatan sosialisasi ini kami anggap perlu,” katanya.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut agar insan media turut serta mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Kita akan lebih erat dengan para awak media untuk sama-sama ikut mensukseskan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024, terutama dalam meningkatkan pastisipasi masyarakat sebagai pemilih,” jelas Sarno.

Melalui kegiatan ini, kata Sarno, diharapkan adanya kolaborasi dan kemitraan antara KPU dan wartawan semakin terjalin. Dengan kemitraan tersebut tentunya tahapan-tahapan Pemilu 2024 dapat disebarluaskan secara efektif kepada masyarakat.

“Kita jalin terus kolaborasi dan kemitraan untuk sama-sama menginformasikan tahapan pemilu kepada masyarakat demi suksesi Pemilu dan Pilkada 2024,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini KPU Kabupaten Ciamis baru mencapai tahapan pendaftaran dan verifikasi bagi calon peserta Pemilu. Tahapan Pemilu ini harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Ciamis yang memiliki hak pilih. Pemerintah beserta KPU sudah menetapkan Pemilu tahun 2024 digelar pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada dilaksanakan tanggal 27 Nopember 2024 mendatang.

“Partisipasi masyarakat terhadap Pemilu dan Pilkada dapat meningkat tajam setelah awak media turut gencar mensosialisasikan Pemilu dan Pilkada tahun 2024,” ungkapnya.

Sarno juga mengatakan bahwa, wartawan merulakan salahsatu mitra penting bagi KPU dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 kepada masyarakat melalui pemberitaan di medianya masing-masing.

“Dengan adanya berita yang faktual dan terpercaya, diharapkan dapat menepis berita-berita bohong atau hoaks terkait Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang,” harapnya. (Nank)