KPU Ciamis Lantik 795 PPS, Wabup Yana : Petugas Harus Pahami Tata Aturan dan Junjung Tinggi Netralitas

DIKSI NEWS1 Dilihat

DiksiNasinews.co.id, CIAMIS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melantik 795 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 265 desa/kelurahan se-Kabupaten Ciamis, di Gedung Islamic Center Ciamis Jawa Barat, Selasa (24/01/2023).

Ketua KPU Ciamis, Sarno Maulana Rahayu mengatakan kegiatan pelantikan PPS ini merupakan salah satu tahapan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 mendatang.

“Pemilu merupakan amanat konstitusi UUD 1945, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara demokrasi yang setiap 5 tahunnya melaksanakan pemilihan umum,” ucapnya.

Dijelaskan Sarno, pelaksanaan Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab/Kota.

“Selamat kepada yang sudah dilantik. Sekarang menjadi keluarga besar KPU Ciamis. Mari laksanakan tugas kita dengan sukses tanpa ekses dan tetap berintegritas,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra yang hadir dalam acara tersebut mengatakan anggota PPS yang telah dilantik dan diambil sumpahnya harus bisa memahami setiap tata aturan dan regulasi yang telah ditetapkan.

“Para petugas atau penyelenggara Pemilu dari mulai pusat, provinsi, kabupaten sampai dengan desa harus paham tata aturan dan segala regulasi terkait dengan pelaksanaan Pemilu,” ungkapnya.

Menurut Yana, harus pahamnya PPS terhadap regulasi dan tata aturan tersebut menjadi salah satu syarat agar kegiatan Pemilu dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Baik tidaknya nasib suatu bangsa dan negara kedepannya ditentukan oleh baik tidaknya pelaksanaan pemilu, dan bapak ibu semua akan ikut andil di dalamnya,” ungkap Yana.

Wabup juga berpesan agar para panitia, baik PPK maupun PPS dapat menjungjung tinggi netralitas dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai penyelenggara Pemilu.

“Saya yakin dan percaya ke-795 orang PPS ini mampu untuk melaksanakan apa yang dinamakan netralitas,” jelasnya.

Yana juga menjelaskan bahwa, netralitas tidak saja dilakukan oleh penyelenggara Pemilu akan tetapi juga dilakukan oleh penyelenggara pemerintah. Ia pun mengucapkan selamat kepada para PPS yang telah dilantik dan diambil sumpahnya itu.

Selamat semoga saudara-saudara semua dapat melaksanakan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, sehingga pelaksanaan pemilu 2024 nanti berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (Nank)