Sidang Perdana Dugaan Kecurangan KPU, Bawaslu Hadirkan Pelapor VS Komisioner

DIKSI NEWS4 Dilihat
banner 468x60

DiksiNasinews.co.id, Ciamis – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menggelar sidang perdana terkait laporan dugaan kecurangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada penyelenggaraan penjaringan anggota panitia pemungutan suara (PPS) Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya. Selasa (07/02/2023).

Sidang pemeriksaan tersebut mengacu pada laporan dugaan pelanggaran andministratif Pemilu nomor register 001/LP/ADM.PL/BWSL.KAB/13.14/I/2023. Indra Permana (26) sebelumnya melaporkan KPU Ciamis terkait dugaan tersebut. Indra membacakan materi laporan di ruang sidang Bawaslu Ciamis yang menghadirkan Komisoner KPU Ciamis sebagai terlapor.

banner 336x280

Indra menegaskan jika pihaknya menduga telah terjadi pelanggaran oleh KPU Ciamis dalam proses penjaringan. Indra membacakan laporan yang membeberkan dugaan kecurangan dengan meloloskan peserta tanpa mengikuti proses sesuai ketentuan.

Baca JugaAkuntabilitas dan Transparansi KPU Ciamis Disoal Terkait Seleksi Anggota PPS
B
aca JugaBupati Minta Sekda Evaluasi Kinerja Kadis yang Duduk Manis

Indra menambahkan pada tahapan tes Computer Assisted Test  (CAT) pada Senin 9 Januari  di Kampus SMKN 1 Ciamis, jumlah peserta dari desa Sukajadi sebanyak 11 orang. Namun ketika diperiksa di laman resmi KPU, ternyata tercantum peserta sebanyak 12 orang.

Indra menjelaskan jika nama “SN” pada saat test CAT tidak hadir dan mengikuti tahapan ujian, dan tidak tercantum di papan pengumuman.

“Usai CAT di SMKN 1 di papan pengumuman tercantum 11 orang tanpa ada nama SN, tapi pengumuman KPU di web resminya jumlahnya manjadi 12 dengan mencantumkan peserta atas nama SN yang sebelumnya tidak tercantum pada papan pengumuman di SMKN
Ciamis,” ujar Indra.

banner 336x280