Kondisi Terkini Luhut Binsar Pandjaitan, Kembali Aktif Bekerja Setelah Pemulihan di Singapura

DIKSI NEWS4 Dilihat

DiksiNasi, Jakarta – Menko Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah kembali aktif bekerja setelah menjalani periode pemulihan kesehatan di Singapura.

Meskipun belum sepenuhnya pulih, kabar baik ini disampaikan oleh Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi, yang mengungkapkan bahwa Luhut telah mulai melibatkan diri kembali dalam tugas-tugasnya. Meski agendanya belum sepenuhnya padat, tanda-tanda keaktifan sudah terlihat.

Jodi Mahardi menyatakan, “Sudah mulai aktif tapi masih belum gaspol. Belum kapasitas penuh agendanya.” Sabtu, (16/12/2023).

Pernyataan ini memberikan gambaran bahwa Luhut, yang sebelumnya menjalani perawatan di Singapura sejak Oktober 2023, sedang mengembalikan ritme kerjanya.

Informasi ini menjadi penting karena Luhut Binsar Pandjaitan memiliki peran strategis sebagai Menko Marves, memegang tanggung jawab dalam koordinasi bidang kemaritiman dan investasi di Indonesia.

Jodi juga menyampaikan bahwa Luhut telah menghadap dan melaporkan perkembangan kepada Presiden Joko Widodo. Kembalinya Luhut ke panggung kerja politik Indonesia setelah periode pemulihan kesehatan ini menjadi topik perbincangan yang signifikan, mengingat perannya yang krusial dalam pemerintahan.

Selama perawatannya di Singapura, Luhut tetap terlibat dalam beberapa acara penting. Termasuk menghadiri pelantikan dan kenaikan pangkat menantunya, Maruli Simanjuntak, sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 29 November 2023.

Kehadiran virtual Luhut dalam konferensi di ajang COP28 Dubai, UEA pada 3 Desember 2023, menunjukkan keterlibatannya dalam isu-isu global meskipun sedang dalam masa pemulihan.

Presiden Jokowi, sebelumnya menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir. Tugasnya sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim, selama masa pemulihan Luhut. Keputusan ini timbul untuk memastikan kelancaran koordinasi dan pelaksanaan tugas-tugas di bidang tersebut.

Meskipun Luhut masih dalam tahap pemulihan, kembalinya ke panggung politik menjadi satu pertanda. Rangkaian tugas yang sudah dia mulai, menandai langkah positif dalam menjalani tantangan kesehatannya. Masyarakat dan pemangku kepentingan, akan terus memantau perkembangan ini. Tanpa lupa berharap, Luhut segera pulih sepenuhnya dan kembali memberikan kontribusi maksimal dalam pemerintahan Indonesia.